NASA Temukan Bukti Fenomena Komet Kamikaze

Pesawat antariksa Messenger milik NASA sudah melakukan perjalanan selama lebih dari 6,5 tahun sebelum dimasukkan ke orbit sekitar Merkurius pada Maret 2011.(JAntara/NASA/JHU APL/Carnegie Institution of Washington)Pesawat antariksa Messenger milik NASA sudah melakukan perjalanan selama lebih dari 6,5 tahun sebelum dimasukkan ke orbit sekitar Merkurius pada Maret 2011.(JAntara/NASA/JHU APL/Carnegie Institution of Washington)

Fenomena Komet Kamikaze terpantau teleskop Hubble milik NASA.

Harianjogja.com, WASHINGTON – Teleskop Hubble milik NASA berhasil menemukan bukti sebuah komet yang “menyelam” ke sebuah bintang muda. Fenomena ini disebut NASA sebagai “Komet Kamikaze”.

Dilansir Venture Beat, Selasa (10/1/2016), kejadian ini bermula ketika Hubble mendeteksi beberapa gas karbon yang bergerak cepat ke dalam cahaya di dekat tepi piringan bintang. Diperkirakan, komet tersebut merupakan hasil dari tabrakan dengan piringan bintang.

Komet Kamikaze dapat memberikan petunjuk yang lebih dalam terkait pembentukan tata surya kita. Pasalnya, sebuah benda langit yang jatuh ke bumi miliaran tahun lalu bisa saja bertanggung jawab untuk membawa air ke Bumi.

“Menyaksikan fenomena ini memberi kita petunjuk tentang pembentukan tata surya. Ketika komet berhamburan ke seluruh tata surya, termasuk Bumi. Diketahui, komet yang jatuh ke sebuah planet dapat membawa air dan tanaman, ” ujar Carol Grady, ilmuwan NASA.

Para ilmuwan NASA memperkirakan bahwa Komet Kamikaze sedang dalam masa transisi menjadi sebuah planet. Carol menambahkan bahwa bisa saja komet tersebut berubah menjadi sebuah planet yang dapat ditinggali.

Editor: | dalam: Sains |
Menarik Juga »