CUACA EKSTREM
Banyusoco Dihajar Puting Beliung

Ilustrasi puting beliung (JIBI/Solopos/Dok.)Ilustrasi puting beliung (JIBI/Solopos/Dok.)

Cuaca esktrem juga terjadi di Gunungkidul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Angin puting beliung menerjang Desa Banyusoco, Playen Gunungkidul. Belasan bangunan rusak, puluhan pohon tumbang.

Puting beliung menerjang Desa Banyusoco pada Selasa (11/1/2017) sore. Angin menghajar pohon dan bangunan di Dusun Ketangi dan Dusun Banyusoco. Kepala Desa Banyusoco Sutiyono mengungkapkan, keganasan angin menumbangkan pepohonan di wilayahnya.

“Banyak sekali pohon tumbang tidak terhitung jumlahnya yang jelas puluhan,” ungkap Sutiyono, Rabu (11/1/2017).

Sebagian pohon tumbang menimpa enam rumah warga, sepuluh bangunan kios, sebuah kandang ternak hingga mematahkan sebuah tiang listrik. Batang pohon tumbang juga sempat menutup lalu lintas di jalan desa. Keusakan paling parah menurut Sutiyono terjadi pada kios milik pemerintah desa di Dusun Ketangi.

Atap kios berukuran sekitar dua puluh meter persegi itu hancur berantakan. Bahkan sebagian dinding kios sampai jebol karena tertimpa pohon tumbang. Sedangkan pada bangunan rumah warga, pohon tumbang juga merusak sebagian atap.

“Hitungannya rusak sedang kalau untuk rumah warga. Atapnya sebagian rusak, usuk ada yang patah. Untuk rusak berat itu kios,” ujarnya lagi.

Editor: | dalam: Gunung Kidul |
Menarik Juga »