GAJI PNS BANTUL
Sempat Molor Sepekan Akhirnya Cair

Ilustrasi uang tunai rupiah. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)Ilustrasi uang tunai rupiah. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Pencairan gaji itu dilakukan dengan cara transferr ke rekening masing-masing PNS.

Harianjogja.com, BANTUL-Setelah molor hingga sepekan lamanya, gaji ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul resmi dicairkan, Selasa (10/1/2017).

Diakui Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Bantul Sri Ediastuti, gaji telah ditransfer secara serempak dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bantul Selasa (10/1/2017). Pencairan gaji itu dilakukan dengan cara transferr ke rekening masing-masing PNS dan kalangan dewan. “Gaji sudah langsung ditransfer terakhir kemarin untuk Disdikpora juga sudah,” katanya, Selasa (10/1) siang.

Adapun besaran gaji yang dibayarkan untuk 8.932 orang PNS se-Bantul tahun ini mencapai sekitar Rp40 milyar. Sedangkan untuk 45 orang anggota DPRD Bantul, mencapai Rp79 juta.

Menanggapi keluhan dari kalangan para tenaga pendidik, ia pun menegaskan sudah dirampungkannya pula. Dikatakannya, PNS di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul yang telah ditrasfer menurut Sri Ediastuti baru untuk pegawai Unit Pelaksana Teknik (UPT) dan semua guru. “Hanya pegawai internal Disdikpora saja yang belum, kalau (data) sudah dilengkapi bendaharanya ya bisa langsung ditransfer,” ungkapnya.

Diakui mantan kepala Dinas Perizinan (Dinzin) Bantul itu, dengan adanya penataan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), banyak pegawai termasuk staf yang mengalami mutasi sehingga harus menyesuaikan dengan organisasi yang baru. Begitu pula dengan pendataan butuh penyesuaian dengan personil yang baru. “Bendaharanya baru semua, jadi datanya belum komplit,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Disdikpora Bantul Totok Sudarto secara terpisah mengakui gaji untuk guru dan pegawai UPT semuanya telah ditransfer ke rekening masing-masing. Sementara untuk pegawai internal Disdikpora Bantul karena gabungan beberapa instansi diakui banyak penyesuaian yang harus dilakukan terutama data pegawai. Pun demikian diakui kemarin persoalan gaji itu tengah diurus supaya cepat segera terselesaikan. “Ini teman-teman ke BPD ngurus supaya hari ini bisa ditrasfer,” ucapnya.

Seperti diketahui, Disdikpora Bantul sendiri merupakan gabungan dari tiga instansi. Masing-masing Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal (Dikmenof), Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) dan Kantor Pemuda dan Olahraga (Pora) Kabupaten Bantul.

Editor: | dalam: Bantul |
Menarik Juga »