INFRASTRUKTUR DIY
Rp61 Miliar untuk Bangun Jalur Alternatif Jogja - Wonosari

Ilustrasi proyek pemerintah (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)Ilustrasi proyek pemerintah (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Infrastruktur DIY, jembatan dan jalan segera di bangun

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menganggarkan duit sebesar Rp61,3 miliar pada 2017 untuk membangun jembatan dan jalan sebagai jalur alternatif Jogja – Wonosari melalui perbatasan Gunungkidul dan Sleman. Selain untuk mengurai kemacetan di kawasan perbukitan Patuk, jalur itu diharapkan dapat memacu peningkatan pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata di kedua daerah.

Jalur itu akan menghubungkan antara Dusun Lemahabang, Desa Gayamharjo, Prambanan, Sleman dengan Dusun Gembyong, Desa Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul. Kondisi jembatan gantung itu saat ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, namun besinya perlahan keropos. Selain itu jalan menuju jembatan itu juga sempit dan rusak parah. Akantetapi, pada 2018 ditarget semua terselesaikan bisa dilalui kendaraan roda empat dari kedua jalur.

Kepala Seksi Perencanaan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga Dinas PUP-ESDM DIY Bambang Sugaib menjelaskan pembangunan jembatan dan jalan itu saat ini dalam proses lelang dengan anggaran sebesar Rp61,3 miliar. Pada Februari hingga Maret mendatang, ditargetkan pengerjaan fisik sudah mulai dilaksanakan. Pelaksanaan proyek ditarget dengan masa kerja 285 hari.

“Tahun 2018 direncanakan sudah bisa dilewati, tahun ini [2017] ditargetkan selesai lah,” terangnya, Rabu (11/1/2017).

Editor: | dalam: Kota Jogja |
3
Menarik Juga »