Inul Daratista Jadi "Wartawan Kehormatan", Ini Penjelasan Medianya

Kartu pers Inul Daratista sebagai wartawan kehormatan. (Instagram/inul.d)Kartu pers Inul Daratista sebagai wartawan kehormatan. (Instagram/inul.d)

Pedangdut Inul Daratista menjadi wartawan kehormatan oleh sebuah media di Surabaya.

Harianjogja.com, SOLO — Artis dangdut Inul Daratista membuat kejutan baru. Kali ini, dia memamerkan kartu pers yang menandakan dirinya sebagai seorang wartawan sebuah media online yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur. Media yang menerbitkan kartu pers tersebut menyampaikan alasannya.

Hal itu diungkapkan melalui akun Instagram inul.d, Selasa (10/1/2017). Dalam sebuah gambar yang diunggah akun tersebut, tampak sebuah kartu identitas wartawan yang bagian depannya bertuliskan “Inul Daratista-Wartawan-Berlaku S/d. Desember 2017.

Di bagian belakang kartu tersebut, tertulis perusahaan media yang memberinya kartu pers tersebut, yaitu PT Media Berita Lima yang beralamat di Jl. Semampir Barat 29, Surabaya. Di situ juga tertulis “Pemegang Kartu ini Adalah Wartawan”. Kartu tersebut diterbitkan pada Januari 2017 tertanda pemimpin redaksi media itu, Moch Efendi SH.

“Jadi wartawan kehormatan. Alhamdulillah….semoga amanah ya’amin. Selamat beraktivitas kawan’semoga harimu menyenangkan’jgn lupa kudu sehat jaga pola makan dan isirahat yg cukup’olagraga,” tulis akun inul.d.

Sejumlah netizen pun mengungkapkan sambutannya. “Wihh mbak inul jadi wartawan ya? kapan nih mulai liputannya? mau dong diliput hehehe,” kicau rika2306.

“Semampir daerah rmh ku bunda inul..sukses iya bunda..dari aku SMP sampai sekarang aku uda nikah..bunda inul tetap nonggol di tV..puji Tuhan..,” tulis ririandrianto.

Namun, ada juga yang bertanya soal media yang memberi Inul kartu pers tersebut. “Itu beritalima medianya sudah standart dewan pers kah mbak @inul.d waaahh kerenn yaaa….,” kicau mey_malangtoday.

Penelusuran Solopos.com di situs web Dewan Pers, Berita Lima terdaftar sebagai salah satu media yang telah terverifikasi secara administratif tertanggal 21 Januari 2016 dan diperbarui pada 11 April 2016. Berdasarkan data Dewan Pers, perusahaan media ini beralamat di Jl. Semampir Barat 27-29, Sukolilo, Surabaya, 60119, dengan alamat website www.beritalima.com.

Dalam situs www.beritalima.com, Penasehat Redaksi beritalima.com, HM Yousri Nur Raja Agam, dalam pernyataan tertulisnya, mengonfirmasi status wartawan Inul. Menurutnya, medianya memberikan Inul status wartawan kehormatan karena menilai pedangdut itu layak melakukan kegiatan jurnalistik.

“Berdasarkan pertimbangan kami di beritalima.com, Inul punya kesempatan utk melakukan kegiatan jurnalistik. Dari berbagai aktivitasnya sebagai seniman, artis penyanyi dan motivator, Inul layak pula menyajikan hasil pengalamannya melalui mediamassa. Kami melihat Inul punya potensi untuk itu. Inul banyak ide dan pengamatan yang tajam terhadap lingkungan dan kehidupan. Nah, daripada dipendam, inul kami anjurkan untuk menulis,” tulis Yousri yang diterbitkan pada Rabu (11/1/2017).

Menurutnya, tulisan Inul akan diolah oleh redaktur media tersebut untuk memastikan karya memenuhi kode etik jurnalistik. “Maka dari redaktur akan mengolahnya. Lalu disajikan sebagai karya jurnalistik di mediamassa. Nah, karya jurnalistik Inul nantinya tidak liar. Disebarluaskan melalui saringan sesuai dengan kode etik jurnalistik. Dengan demikian karya jurnalistik Inul itu dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kaidah kewartawanan.”

Editor: | dalam: Peristiwa |
1
Menarik Juga »