Seleksi Pegawai RSUD Wonosari Dipertanyakan Dewan, Ini Jawaban yang Diperoleh

Suasana rapat dengar pendapat Komisi D DPRD Gunungkidul dengan manajemen RSUD mengenai proses rekrutmen pegawai di ruang Komisi D, Selasa (10/1/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)Suasana rapat dengar pendapat Komisi D DPRD Gunungkidul dengan manajemen RSUD mengenai proses rekrutmen pegawai di ruang Komisi D, Selasa (10/1/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Seleksi pegawai di RSUD Wonosari dipertanyakan oleh kalangan DPRD

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Proses rekrutmen pegawai non PNS di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari menuai pujian dari kalangan DPRD. Namun demikian, seleksi berbasis tes komputerisasi ini masih ada beberapa catatan, khususnya terkait dengan seleksi administrasi.

Salah satu catatan tersebut disuarakan oleh Anggota Komisi D DPRD Gunungkidul Sumaryanto. Menurut dia, dari system, pelaksanaan rekrutmen sudah meminimalisir adanya praktik kongkalikong. Sebab, dalam seleksi tes sudah dilakukan dengan model komputerisasi dan menggandeng Fakultas MIP UGM.

Hanya saja, sambung Maryanto, proses tersebut masih butuh penyempurnaan. Salah satunya berkaitan dengan seleksi administrasi, ia mengaku mendapatkan informasi adanya kecurangan dalam tes ini. Hal itu terjadi karena adanya rumor bahwa peserta yang seharusnya tidak memenuhi persyaratan namun diloloskan oleh tim seleksi.

“Dalam rapat dengar dengan RSUD, saya pribadi ingin mengklarifikasi terkait dengan isu itu. Harusnya seleksi ini hanya bisa diikuti oleh peserta yang lulus dari perguruan tinggi  berakreditasi B, tapi dalam prakteknya ada yang peserta yang lulus dari perguruan tinggi dengan akreditasi C,” kata Maryanto kepada wartawan, Selasa (10/1/2017).

Menurut dia, isu ini yang harus dijelaskan sehingga tidak ada kesan bahwa pihak rumah sakit bermain-main dalam urusan seleksi. Terlebih lagi dalam prosesnya, ratusan peserta ikut dalam seleksi ini.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Sekretaris Komisi D DPRD Gunungkidul Imam Taufik. Namun demikian, ia lebih menitik beratkan pada perbaikan proses pelaksanaan, sehingga jika ada proses rekrutmen di lain waktu dapat lebih maksimal.

“Intinya pelaksanaan rekruitmen sudah baik, tapi ada masalah seperti koordinasi dalam penyelenggaraan tes sehingga menimbulkan berbagai isu di masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi RSUD Wonosari Aris Suryanto mengakui jika seleksi berjalan dengan baik. Bahkan untuk menjamin penyelenggaraan bebas dari praktik kongkalikong, dalam peleksanaannya menggandeng tim seleksi dari UGM.

Namun demikian, ia tidak menampik dalam proses pendaftaran ada koordinasi yang kurang baik antar petugas. Dia menyontohkan, untuk berkas pelamar yang masuk ada yang ditolak dan ada yang tetap diterima karena masalah akreditasi perguruan tinggi.

“Saya akui itu, karena memang ada petugas yang langsung menolak saat ada pelamar dengan lulusan akreditasi C, tapi ada juga yang tetap menerima berkas pelamar,” katanya.

Menurut dia, meski ada sedikit masalah dalam proses pendaftaran, namun dalam proses seleksi dapat berjalan lancar. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan akan dicoret saat tahapan berkas administrasi. “Peserta yang melamar dengan akreditasi C tidak lolos ke tahap berikutnya sehingga tidak bisa ikut tes dengan komputer,” ungkapnya.

Editor: | dalam: Gunung Kidul |
Iklan Baris
  • AB PROPERTI,

    AB PROPERTI, siap bantu jual-beli rumah dan tanah sesuai harapan. Hubungi: KAMAL telpon 0857-2770-3776…

  • Butuh sales kosmetik

    Butuh sales kosmetik. Lamaran via WA 08812768955…

  • Dijual tanah pekarangan

    Dijual tanah pekarangan L189m2, LD9m, Harga 275juta. mobil masuk,SHMP an.sendiri. Jakal km 10, Ngebo Ngaglik S…

  • Dibutuhkan seorang karyawan toko

    Dibutuhkan seorang karyawan toko. Islam taat, usia maks 25tahun, domisili sekitar wates Kulon Progo Hubungi: 0…

  • Dibutuhkan segera karyawan-karyawati foodcourt

    Dibutuhkan segera karyawan-karyawati foodcourt, smu/smk. Lamaran dikirim ke Ayam Goreng Fatmawati, foodcourt M…

  • Umroh Murah 21,9Juta

    Umroh Murah 21,9Juta, All In Star Jogja, By Saudia, Landing Madinah, Hubungi: AMN Tour, HP/WA: 082135350114…

  • Siap bantu konsultasi skripsi

    Siap bantu konsultasi skripsi, tesis, disertasi, KTI, program, all jurusan. Murah,profesional,garansi,nno plag…

  • Gudang seng

    Gudang seng di jalan imogiri timur membutuhkan Tenaga bongkar muat usia maksimal 35 tahun. Hubungi: 0821383933…

  • Waitress untuk Warung B2

    Waitress untuk Warung B2, Pria, Bisa Kerja Tim, Domisili Jogja. Tidak ada Mess Surat Lamaran+Fc KTP ke: Klasem…

  • Siap bantu,jual/beli tanah

    Siap bantu,jual/beli tanah dan bangunan di jogja. Minat hubungi: Bp Rahmad 0877 3835 6503 (property)…

parang-gendreh-jablay-batik-cap-kai-106-0001-175rb-3meter
Menarik Juga »