WISATA GUNUNGKIDUL
Wow, Gua Pindul Hasilkan Pendapatan Daerah Rp1,7 Miliar

Antrean masuk susur Gua Pindul pada libur akhir tahun, Jumat (25/12/2015). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)Antrean masuk susur Gua Pindul pada libur akhir tahun, Jumat (25/12/2015). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Gunungkidul terbukti menghasilkan pendapatan melimpah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Obyek wisata Gua Pindul, Desa Bejiharjo, Karangmojo masih menjadi destinasi unggulan di Gunungkidul. Hal ini terlihat dari terus meningkatnya jumlah wisatan yang berkunjung dari tahun ke tahun.

Data dari Dinas Pariwisata Gunungkidul, sepanjang 2016 lalu, wisatawan yang berkunjung ke Gua Pindul mencapai 174.097 orang. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 30.496 orang, jika dibandingkan dengan kunjungan di 2015 lalu yang hanya sebanyak 143.553 pengunjung.

Adanya peningkatan ini maka berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah yang diterima Pemkab Gunungkidul. Untuk 2016, pemkab berhasil meraup uang retibusi sebesar Rp1,7 miliar.

“Baik dari sisi jumlah pendapatan atau kunjungan, di Pindul ada peningkatan 21%, jika dibandingkan dengan capaian di 2015 lalu,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono kepada Harianjogja.com, Selasa (10/1/2017).

Menurut dia, meski keberadaan obyek wisata Gua Pindul sudah ada sejak 2010 lalu, namun upaya penarikan retribusi baru dilaksanakan di akhir 2014 lalu. Dari data yang ada, sambung Hary, jumlah pengunjung yang datang terus bertambah setiap tahunnya.

“Peningkatan ini sejalan dengan perkembangan sektor kepariwisataan yang ada di Gunungkidul,” katanya.

Meski demikian, Hary menyebutkan jumlah pengunjung yang datang ke Pindul belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan yang datang ke obyek wisata pantai karena mayoritas masih bertumpu di kawasan pesisir selatan.

“Perbandingannya 70 persen untuk kawasan pantai, sedang 30% lainnya dibagi untuk obyek lain seperti Pindul dan kawan-kawan,” kata mantan Kabid Pengembangan Produk Wisata ini.

Editor: | dalam: Gunung Kidul |
Menarik Juga »