Kekurangan Komputer Disiasati Pinjam Laptop Siswa

Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)

Dalam pelaksanaan UNBK sangat mungkin leptop para siswa dipinjam, karena kurangnya sarana komputer

Harianjogja.com, BANTUL— Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul menyebut adanya kemungkinan untuk pengunaan laptop pribadi para siswa dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tingkat SMP sederajat yang menurut rencana dilangsungkan Mei esok.

Kepala Disdikpora Kabupaten Bantul, Totok Sudarto meminta agar wali murid dapat maklumi jika dalam pelaksanaan UNBK nanti, anak mereka yang memiliki leptop dipinjam sementara untuk pelaksanaan ujian. Pasalnya, dalam pelaksanaan UNBK sangat mungkin leptop para siswa dipinjam, karena kurangnya sarana komputer yang digunakan buat ujian.

Namun ujian yang rencananya akan diikuti sebanyak 12.262 siswa SMP dari 111 sekolah itu kata dia tak perlu dikhawatirkan oleh wali murid. Sebab meskipun belum prasarana masih belum lengkap, wali murid tidak akan dibebankan biaya. “Saya yakinkan, masyarakat (wali murid) tidak akan ditarik (iyuran) untuk ujian (UNBK),” jelasnya, Rabu (11/1).

Berdasarkan hasil pendataan sementara yang dilakukan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bantul, saat ini ketersediaan sarana komputer buat pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Bantul baru 50 persen. Selain menambal dengan memakai laptop siswa, pihaknya masih mengupayakan sarana komputer yang dipakai sekolah-sekolah SMA/SMK dan UPT Dinas Pendidikan di masing-masing kecamatan.

Lanjut Totok, pihaknya tak khawatir sejumlah siswa yang leptopnya dipinjam memanfaatkan momen tersebut untuk berbuat curang. Karena sebelum dipinjam, beberapa hari sebelum pelaksanaan ujian, leptop tersebut file-filenya di bersihkan dahulu, dengan cara memindahkan file di dalamnya. Sehingga praktek curang dipastikan tak terjadi..

Walaupun pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Bantul masih lama, Totok mengaku pihaknya sudah bersiap-siap mulai sekarang. Selain mendata sarana dan prasarana, kini pihaknya juga mulai memasang server. “Kami sudah mulai mendata walaupun belum selesai,” ungkapnya. “Sekarang kami juga menyiapkan server-server baru,” tambahnya.

Dari pendataan awal, Totok menyebut ada dua sekolah di Bantul yang dinyatakan siap melaksanakan UNBK, yakni SMP I Bantul dan SMP II Bantul. Meski begitu, memang komputer di dua sekolah itu belum sepenuhnya lengkap, tapi kekurangan itu masih bisa ditambal dengan penggunaan laptop milik para siswa. “Kalau kurang nanti pakai leptop anak-anak,” jelasnya.

Terpisah, Kepala SMP N 1 Bantul, Yasmuri menjelaskan peserta UNBK tahun 2017 di sekolahnya sebanyak 300 siswa. Dari jumlah tersebut dibutuhkan sedikitnya 160 unit komputer untuk pelaksanaan ujian. Di SMP 1 Bantul sendiri saat ini baru tersedia 60 unit komputer.

Pun begitu Yasmuri memastikan sekolahnya bisa melaksanakan UNBK tersebut. Berdasarkan pendataan yang telah dilakukan oleh pihak sekolah, kekurangan sarana komputer sebanyak seratus unit dapat dipenuhi dengan laptop milik siswa. “Yang dibutuhkan 150 komputer ditambah cadangannya. Kemarin sudah didata ternyata lebih dari seratus laptop siswa siap dipakai UNBK,” jelas Yasmuri.

Editor: | dalam: Bantul |
Iklan Baris
  • Butuh sales kosmetik

    Butuh sales kosmetik. Lamaran via WA 08812768955…

  • Umroh Murah 21,9Juta

    Umroh Murah 21,9Juta, All In Star Jogja, By Saudia, Landing Madinah, Hubungi: AMN Tour, HP/WA: 082135350114…

  • Siap bantu konsultasi skripsi

    Siap bantu konsultasi skripsi, tesis, disertasi, KTI, program, all jurusan. Murah,profesional,garansi,nno plag…

  • Waitress untuk Warung B2

    Waitress untuk Warung B2, Pria, Bisa Kerja Tim, Domisili Jogja. Tidak ada Mess Surat Lamaran+Fc KTP ke: Klasem…

  • Dibutuhkan segera karyawan-karyawati foodcourt

    Dibutuhkan segera karyawan-karyawati foodcourt, smu/smk. Lamaran dikirim ke Ayam Goreng Fatmawati, foodcourt M…

  • Dibutuhkan seorang karyawan toko

    Dibutuhkan seorang karyawan toko. Islam taat, usia maks 25tahun, domisili sekitar wates Kulon Progo Hubungi: 0…

  • AB PROPERTI,

    AB PROPERTI, siap bantu jual-beli rumah dan tanah sesuai harapan. Hubungi: KAMAL telpon 0857-2770-3776…

  • Dijual tanah pekarangan

    Dijual tanah pekarangan L189m2, LD9m, Harga 275juta. mobil masuk,SHMP an.sendiri. Jakal km 10, Ngebo Ngaglik S…

  • Gudang seng

    Gudang seng di jalan imogiri timur membutuhkan Tenaga bongkar muat usia maksimal 35 tahun. Hubungi: 0821383933…

  • Siap bantu,jual/beli tanah

    Siap bantu,jual/beli tanah dan bangunan di jogja. Minat hubungi: Bp Rahmad 0877 3835 6503 (property)…

kai-072-s-0024-1lawasan-colet-65rb-230x100-print
Menarik Juga »