PARIWISATA SLEMAN
Ada “Benteng Takeshi” di Kepuharjo

Beberapa wisatawan yang datang ke The Lost World Castle menyempatkan diri untuk berfoto, Rabu (11/1/2017). Abdul Hamid RazakBeberapa wisatawan yang datang ke The Lost World Castle menyempatkan diri untuk berfoto, Rabu (11/1/2017). Abdul Hamid Razak

Kastil besar dengan nama The Lost World Castle di Lereng Merapi sudah banyak dikunjungi wisatawan.

Harianjogja.com, SLEMAN– Sebuah kawasan wisata baru berdiri di kawasan lereng Gunung Merapi, Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan. Meski belum diresmikan, namun bangunan kastil besar dengan nama The Lost World Castle tersebut sudah banyak dikunjungi wisatawan.

The Lost World Castle merupakan bangunan yang dibentuk dari susunan batuan magma. Bentuk bangunan ini menyerupai benteng kuno. Berdiri di atas lahan pribadi seluas 1,3 hektare. Lokasi ini menjadi salah satu tujuan wisata baru, terutama wisatawan yang datang menggunakan jasa jeep lava tour Merapi.

Ayung, salah seorang pengelola The Lost World Castle mengakui jika lokasi tersebut belum beroperasi. Meski begitu, sudah banyak warga dan wisatawan yang datang berkunjung. Saat itu, sejumlah wisawatan yang datang tengah mengabadikan foto dengan pemandangan alam sekitar. Rata-rata yang mendatangi lokasi tersebut anak-anak muda. Mereka mengambil foto di pelataran untuk melihat pemandangan alam yang sudah bisa digunakan.

“Proses pembangunannya lebih dari satu tahun. Sampai saat ini, masih belum selesai. Banyak yang ke sini soalnya view di sini sangat bagus untuk melihat pemandangan Kota Jogja dan Gunung Merapi. Apalagi ketika matahari terbenam,” ujarnya di lokasi, Rabu (11/1/2017).

Ayung menjelaskan, selama ini destinasi wisata tersebut diidentikan sebagai water boom. Padahal, bangunan tersebut hanya berupa destinasi wisata biasa. Hanya saja, dari segi bangunan bentuknya menyerupai bangunan kastil kuno. Pengelola juga menampilkan beberapa artefak-artefak erupsi Merapi 2010 yang akan dijadikan daya tarik paket wisata kelak. “Dalam proses pembangunannya, kami melibatkan warga sekitar, termasuk artefak erupsi Merapi,” katanya.

Warga yang tergabung dalam proses pembangunan kastil tersebut, lanjut pria berambut gondrong itu, membentuk paguyuban warga The Lost World. The Lost World digunakan sebagai nama untuk menggambarkan desa yang hilang pasca erupsi. Boleh dibilang, kata Ayung, lokasi tersebut dapat dijadikan wisata edukasi untuk mengenang sejarah dahsyatnya erupsi Merapi. “Akses penataan parkir dan museum ini dibangun atas inisiatif warga,” ujarnya.

Dia menegaskan, bangunan tersebut bukan hunian tetap ataupun penginapan. Namun murni untuk destinasi wisata baru di Cangkringan. Karena itulah, dalam proses pembangunannya pengelola juga melibatkan warga sekitar. “Kami juga berupaya sinergi dengan paket wisata lava tour. Bangunan ini terbuka untuk siapa saja. Warga dan masyarakat boleh berkunjung,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Kepuharjo Heri Suprapto mengakui jika lahan tersebut merupakan lahan pribadi dan bukan tanah kas desa (TKD). Bahkan pengelolaannya juga melibatkan investor warga sekitar. Hal senada juga disampaikan Camat Cangkringan Edi Harmana. Menurutnya, pembangunan kastel tersebut tidak merugikan warga. Bahkan secara kepengelolaan justru melibatkan dan memberdayakan warga.

Edi tidak mempermasalahkan bangunan tersebut meskipun berada di kawasan rawan bencana (KRB). “Selama untuk destinasi wisata tidak masalah. Asal jangan dibuat untuk hunian tetap atau penginapan. Bangunan itu tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata lainnya di Merapi,” ujarnya.

 

Editor: | dalam: Sleman |
Iklan Baris
  • Dibutuhkan seorang karyawan toko

    Dibutuhkan seorang karyawan toko. Islam taat, usia maks 25tahun, domisili sekitar wates Kulon Progo Hubungi: 0…

  • Siap bantu,jual/beli tanah

    Siap bantu,jual/beli tanah dan bangunan di jogja. Minat hubungi: Bp Rahmad 0877 3835 6503 (property)…

  • Gudang seng

    Gudang seng di jalan imogiri timur membutuhkan Tenaga bongkar muat usia maksimal 35 tahun. Hubungi: 0821383933…

  • Dijual tanah pekarangan

    Dijual tanah pekarangan L189m2, LD9m, Harga 275juta. mobil masuk,SHMP an.sendiri. Jakal km 10, Ngebo Ngaglik S…

  • Siap bantu konsultasi skripsi

    Siap bantu konsultasi skripsi, tesis, disertasi, KTI, program, all jurusan. Murah,profesional,garansi,nno plag…

  • AB PROPERTI,

    AB PROPERTI, siap bantu jual-beli rumah dan tanah sesuai harapan. Hubungi: KAMAL telpon 0857-2770-3776…

  • Butuh sales kosmetik

    Butuh sales kosmetik. Lamaran via WA 08812768955…

  • Umroh Murah 21,9Juta

    Umroh Murah 21,9Juta, All In Star Jogja, By Saudia, Landing Madinah, Hubungi: AMN Tour, HP/WA: 082135350114…

  • Dibutuhkan segera karyawan-karyawati foodcourt

    Dibutuhkan segera karyawan-karyawati foodcourt, smu/smk. Lamaran dikirim ke Ayam Goreng Fatmawati, foodcourt M…

  • Teh Liongtea

    Anda diabet, asam urat, kolesterol, hipertensi dll. Minum Teh Liongtea, TERBUKTI!!! Segera pesan ke 0878-3989-…

sepatu
Menarik Juga »