Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 20 Maret

Fernando Torres saat masih bermain untuk klub sepak bola Liverpool. (Liverpoolecho.co.uk)Fernando Torres saat masih bermain untuk klub sepak bola Liverpool. (Liverpoolecho.co.uk)

Catatan sejarah dunia yang terjadi pada 20 Maret disajikan dalam catatan persitiwa dunia hari ini.

Harianjogja.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah dari berbagai penjuru dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 19 Maret. Dihimpun dari Thepeooplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut catatan peristiwa dunia hari ini:

1413
Henry V resmi menjadi raja Inggris. Selama berkuasa, Henry V berhasil mengalahkan Prancis dalam Pertempuran Agincourt yang lantas membuatnya juga menjadi Raja Prancis.

1945
Pasukan Inggris berhasil mengusir Jepang yang menduduki wilayah Mandalay, Myanmar. Sebelumnya, Jepang telah menduduki Mandalay sejak 1942.

1954
Sebanyak 60.000 tentara Vietnam Utara mengepung 16.000 tentara Prancis di Vietnam Selatan. Pasukan Prancis berhasil bertahan dari kepungan itu selama enam pekan sebelum akhirnya kalah karena Vietnam Utara mengirim lebih banyak tentara.

Dokumentasi Gamal Nasser saat deklarasi kemerdekaan Tunisia. (Uhuruspirit.org)

Dokumentasi Gamal Nasser saat deklarasi kemerdekaan Tunisia. (Uhuruspirit.org)

1956
Tunisia memperoleh kemerdekaan penuh dari Prancis dan mendeklarasikan pembentukan negara republik setahun kemudian. Sebelumnya, Tunisia dikuasai Prancis sejak 1881.

1966
Trofi kejuaraan sepak bola Piala Dunia dipamerkan di Westminster Hall, London, Inggris sebelum kompetisi yang digelar di Inggris itu dibuka. Dalam ajang Piala Dunia yang digelar di Inggris ini, sang tuan rumah berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Jerman Barat di laga final.

John Lennon dan Yoko Ono. (Data123.info)

John Lennon dan Yoko Ono. (Data123.info)

1969
Vokalis The Beatles John Lennon menikahi wanita asal Jepang, Yoko Ono. Sebelum menikah dengan Yoko Ono, John pernah menikah dengan Cynthia Powell, namun bercerai pada 1968.

1984
Fernando Jose Torres Sanz atau yang lebih dikenal dengan Fernando Torres lahir di Madrid, Spanyol. Ia kini dikenal sebagai bintang sepak bola yang bermain untuk klub besar di Spanyol, Atletico Madrid. Torres juga pernah merumput di dua klub besar di Inggris, yakni Liverpool dan Chelsea.

Namibia dilahirkan sebagai negara, 1990. (Unmultimedia.org)

Namibia dilahirkan sebagai negara, 1990. (Unmultimedia.org)

1990
Namibia memproklamasikan kemerdekaannya dari Afrika Selatan. Sebelumnya, Afrika Selatan memegang kontrol penuh atas negara tersebut selama 75 tahun.

2003
Pasukan Amerika Serikat (AS) tiba di Irak untuk memulai Operasi Kebebasan Irak. Pasukan AS datang ke Irak bersama pasukan dari tiga negara lain, yakni Inggris, Australia, dan Polandia. Pada saat itu juga, pasukan AS membombardir Kota Baghdad dengan rudal.

2006
Lebih dari 150 tentara Chad tewas ditembaki para anggota kelompok pemberontak. Kelompok pemberontak tersebut menginginkan Presiden Chad, Idriss Debby, untuk segera mundur dari jabatannya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Editor: | dalam: Internasional |
Menarik Juga »