OS TERBARU
5 Fitur Baru yang Bakal Hadir di Android O

Preview Developer Android O. (Istimewa)Preview Developer Android O. (Istimewa)

Google segera mengumumkan detail OS terbaru Android O.

Harianjogja.com, SAN FRANCISCO — Google bakal segera mengumumnkan perangkat lunak berupa sistem operasi (OS) gerenasi terbaru Android. OS yang bakal dikenal sebagai Android O ini menambahkan sejumlah fitur baru.

Berdasarkan urutan abjad, OS anyar Android ini disebut-sebut akan mengusung nama dengan inisial “O”. Dikutip dari Expert Reviews, Jumat (24/3/2017), nama yang paling santer diprediksi untuk Android baru yaitu Oreo. Hal ini didasarkan pada beberapa nama Android sebelumnya yang mengusung nama makanan.

Selain itu, belum lama ini salah satu pentolan Android juga mengunggah gambar biskuit Oreo yang membuat banyak orang semakin yakin dengan prediksinya.

Selain Oreo, nama lain yang cukup santer dimunculkan adalah Orange Sorbet dan Oatmeal Cookie. Nama-nama ini dinilai pantas menjadi salah satu kemungkinan nama baru Android setelah Oreo.

Seperti diketahui, detail Android O akan diumukan pada gelaran Google I/O. Meski begitu, Google sudah mendahului memberitahukan bocoran fitur terbaru di OS itu.

Berikut tiga fitur baru Android O sebagaimana dikutip Indian Express, Kamis (23/3/2017);

Baterai Awet

Google ingin memperbaiki penyakit paling mengganggu di ponsel pintar yakni masalah baterai yang cepat habis. Software terbaru tersebut akan membatasi secara otomatis apa yang dilakukan aplikasi di background. Tujuannya adalah membuat masa hidup baterai menjadi lebih panjang sehingga Anda tidak perlu mengisi baterai terlalu sering.

Saluran Pemberitahuan

Fitur baru saluran notifikasi memberikan pengguna kontrol lebih untuk melihat jenis pemberitahuan tertentu sesuai yang diinginkan. Mereka bisa memblokir atau menunda pemberitahuan. Anda tidak perlu lagi mengatur notifikasi seperti sekarang ini.

Autofill

Google membuat autofill lebih mudah dengan menambahkan dukungan platform untuk aplikasi tersebut. Jadi, sekali Anda memilih aplikasi autofill yang ingin Anda gunakan juga akan mampu mengisi password dan rincian lainnya.

Minimize

Akan ada dukungan picture-in-picture untuk aplikasi di Android O sehingga Anda akan bisa mengecilkan video ketika harus melakukan hal lain. Para developer bahkan bisa menyetel aspect ration dan interaksi custom dalam mengurangi ukuran jendela.

Wireless Audio

Anda yang suka mendengarkan musik akan mendapatkan kualitas tinggi ketika menggunakan codecs audio melalui LDAC codec. Ditambah lagi, ada audio, API asli untuk aplikasi yang memungkinkan Anda mendengarkan music streaming dengan lebih baik.

Ingin mencoba? Android O Developer Preview mencakup SDK yang sudah diperbarui. Dia dapat diuji pada Emulator Android serta pada Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Pixel, Pixel XL, dan perangkat Pixel C. Ada juga sebuah emulator pada pengujian Android Wear 2.0 pada Android O.

Editor: | dalam: Android |
Menarik Juga »