INFORIAL

Berkunjung ke Manado, Kota di Utara Pulau Sulawesi

ban hin kiong

Berkunjung ke Manado, Kota di Utara Pulau Sulawesi

ban hin kiong

Apa yang muncul di benak Anda saat mendengar kata Manado? Manado merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Utara. Secara geografis, kota ini terletak di bagian utara Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Kabupaten Minahasa serta Teluk Manado.

Selain merupakan kawasan perbukitan, sebagian wilayah Manado juga berada di wilayah perairan, yang meliputi Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, dan Pulau Siladen. Pulau-pulau ini dibatasi oleh garis pantai sepanjang 18,7 km.

Terdapat beberapa objek wisata populer di Manado. Jika Anda kebetulan menginap di Hotel Green Eden yang berada di Jl. Achmad Yani No. 17, lokasi wisata terdekat yang bisa Anda kunjungi dengan mudah adalah:

1. Ban Hin Kiong

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Manado tanpa datang ke Ban Hin Kiong. Memangnya ada apa di tempat ini? Ban Hin Kiong adalah sebuah kelenteng yang sampai sekarang masih terlihat megah meskipun telah dibangun sejak 1819.

Objek wisata yang satu ini berada di Jl. D.I. Panjaitan, yaitu tepat di tengah Kota Manado. Kesan pertama yang terasa saat melihat bangunan ini adalah warna merahnya yang mencolok. Berbagai aksesori khas Tionghoa juga bisa dengan mudah Anda temukan di sekitar kelenteng.

Selain sebagai wisata religi, Ban Hin Kiong juga memiliki nilai sejarah. Bahkan, di dalam kelenteng terdapat 2 meriam yang merupakan pemberian Belanda setelah VOC dibubarkan.

Jika Anda ingin ikut merasakan kemeriahan di Kelenteng Ban Hin Kiong, datanglah pada saat Imlek. Kelenteng ini sangat ramai dikunjungi wisatawan pada saat-saat tersebut, baik yang ingin beribadah maupun hanya untuk melihat keramaian suasana.

2. Pantai Malalayang

Nama Pantai Malalayang cukup terkenal di kalangan masyarakat lokal Manado. Bagi warga Manado, Pantai Malalayang merupakan salah satu tempat tujuan wisata favorit. Dari pusat kota, Anda  perlu berkendara selama 20 menit untuk mencapai lokasi ini.

Ciri yang bisa ditandai dari Pantai Malalayang adalah pasirnya yang hitam dan bebatuan karang. Biasanya, para wisatawan datang ke sini untuk sekadar bersantai di pinggir pantai. Selain itu, jika Anda ingin menikmati keindahan matahari terbenam di Manado, inilah tempat yang tepat.

3. Pantai Boulevard

Berbeda dari Pantai Malalayang yang terletak cukup jauh, Pantai Boulevard justru berada di pusat kota. Uniknya, pantai ini dikelilingi oleh beberapa pusat perbelanjaan, seperti Manado Town Square (Mantos), Bahu Mal, Boulevard Mal, dan Mega Mal. Oleh karena itu, wajar jika pantai ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Usai berbelanja, wisatawan bisa sekaligus berkunjung ke pantai ini sambil menikmati pemandangan di sore hari. Ada beberapa restoran yang menyajikan beragam kuliner khas Manado di daerah ini. Hal ini tentu membuat acara berlibur Anda bersama keluarga menjadi semakin menyenangkan.

Selain ketiga tempat wisata tersebut, di sekitar Kota Manado terdapat banyak tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah Taman Laut Bunaken, Bukit Kasih, Taman Wisata Tandurusa, Danau Tondano, dan Air Terjun Kima Atas.

Namun, untuk  menjangkau tempat-tempat wisata tersebut, Anda perlu memiliki cukup banyak waktu karena jarak beberapa lokasi tersebut agak jauh dari pusat kota. Untuk itu, sangat tepat jika Anda terlebih dahulu memesan hotel di Airy Rooms sebelum berangkat ke Manado. Ada banyak pilihan hotel murah di Manado yang mudah dijangkau.

airy rooms 3

Keuntungan memesan hotel di Airy Rooms adalah adanya 7 jaminan fasilitas, yaitu AC, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, peralatan mandi, televisi layar datar, dan WiFi. Airy Rooms bisa dipesan melalui aplikasi yang diunduh di Android atau iOS. Jadi, selamat berlibur ke Manado, ya.

Editor: | dalam: Travel |
Menarik Juga »