Juara Liga Prancis, AS Monaco Patahkan Dominasi PSG

AS Monaco juara Liga Prancis musim 2016/2017. (JIBI/Reuters/Jean-Pierre Amet)

AS Monaco berhasil menjadi juara Liga Prancis.

Harianjogja.com, MONACO โ€“ AS Monaco akhirnya keluar sebagai juara Liga Prancis. Monaco pun berhasil mematahkan dominasi Paris Saint-Germain yang selalu menjadi juara Liga Prancis dalam empat musim terakhir secara beruntun.

Monaco memastikan diri sebagai juara Liga Prancis musim ini setelah mengalahkan St Etienne, Kamis (18/5/2017), dini hari WIB tadi. Monaco menang dengan skor 2-0. Gol-gol kemenangan pasukan Leonardo Jardim dicetak oleh Kylian Mbappe dan Valere Germain.

Kemenangan tersebut membuat Monaco mengoleksi 92 poin dari 37 pekan, unggul enam angka dari PSG di posisi kedua. Dengan hanya menyisakan satu laga lagi, PSG dipastikan tidak bisa mengejar Monaco. Monaco pun memastikan diri sebagai juara.

Ini menjadi trofi Liga Prancis yang sangat ditunggu-tunggu Monaco mengingat kali terakhir mereka meraihnya pada 2000 silam. Artinya, sudah 17 tahun Monaco puasa gelar Liga Prancis. Di sisi lain, mereka juga mematahkan dominasi PSG yang selalu juara empat musim beruntun.

Para pemain AS Monaco merayakan gelar juara Liga Prancis. (JIBI/Reuters/Jean-Pierre Amet)

Para pemain AS Monaco merayakan gelar juara Liga Prancis. (JIBI/Reuters/Jean-Pierre Amet)

Pelatih Monaco, Leonardo Jardim, menyebut pencapaian anak asuhnya sangat luar biasa mengingat mereka bukanlah favorit juara. Ya, musim ini, Monaco memang tak difavoritkan mengingat mereka tak memiliki materi pemain mahal layaknya PSG. Tapi, Monaco justru tampil mengeutkan dan tampil tajam dengan gelontoran 104 gol di liga musim ini.

“Trofi ini begitu hebat karena tim yang tidak difavoritkan menjadi juara liga,” ujar Jardim kepada Canal+, Kamis.

“Ini adalah trofi terpenting dalam karier saya sebagai pelatih. Kami sudah bekerja keras selama 11 bulan. Tapi hal terbaik adalah titel ini. Monaco adalah juara, ini nilainya seperti empat titel juara untuk Paris,” tandas Jardim.

Editor: | dalam: Prancis |
Menarik Juga ยป