KISAH UNIK
Wow! Diam-Diam Raja Belanda Jadi Kopilot Selama 21 Tahun

Raja Willem Alexander (kanan) saat bertugas sebagai kopilot (Abc.net.au)Raja Willem Alexander (kanan) saat bertugas sebagai kopilot (Abc.net.au)

Kisah unik kali ini tentang Raja Belanda yang menjadi kopilot selama 21 tahun.

Harianjogja.com, AMSTERDAM – Banyak orang beranggapan kehidupan keluarga kerajaan memiliki aturan ketat. Saking ketatnya, terkadang anggota keluarga kerajaan tak diperbolehkan melakukan aktivitas di luar istana. Namun, anggapan itu dipatahkan oleh Raja Belanda, Willem Alexander.

Selain melaksanakan tugas kerajaan, raja yang naik tahta pada 2013 itu ternyata punya pekerjaan sampingan sebagai kopilot. Pekerjaan tersebut bahkan telah dilakoninya selama 21 tahun. Menariknya, tak ada penumpang yang mengenali dirinya selama ia melakoni pekerjaan tersebut.

“Sebelumnya, aku selalu membuka kokpit pesawat. Hal itu membuat penumpang bisa dengan mudah berbincang denganku. Namun, setelah kejadian 9/11 tahun 2001, ada aturan internasional yang melarang hal itu. Jadi, penumpang tak tahu jika akulah yang mengemudikan pesawat,” tutur Raja Willem seperti dilansir BBC, Kamis (18/5/2017).

Saat ini, Raja Willem berstatus sebagai pilot tamu yang membantu menerbangkan pesawat dari maskapai penerbangan Kerajaan Belanda, KLM. Sebagai pilot tamu, ia hanya diberi tugas menerbangkan pesawat dua kali dalam sebulan.

Bagi Raja Willem, menerbangkan pesawat adalah merupakan hobi yang bisa mengusir kebosanan. Kegiatan itu bisa membuatnya lebih rileks dari tekanan tugas kerajaan yang diembannya.

“Bagiku, terbang adalah hal yang sangat luar biasa. Ini adalah hobi yang membuatku bisa melupakan sejenak segala masalah yang membuatku sakit kepala,” imbuh dia.

Keinginan Raja Willem menjadi pilot itu mendapat dukungan penuh dari ibunya, Ratu Beatrix. Oleh sebab itu, meski telah naik tahta, ia tetap melakoni pekerjaan sebagai pilot demi mempertahankan lisensi terbang yang dimilikinya.

“Aku sangat beruntung karena ibuku tak pernah melarang keinginanku ini. Sampai saat ini, aku masih sering mengemudikan pesawat demi mempertahankan lisensi terbang. Ini adalah hobi yang paling menyenangkan,” pungkasnya. 

Editor: | dalam: Internasional |
Menarik Juga »