Komputer Keluaran Pertama Apple Terjual Rp1,7 Miliar

Apple-1 (Mac Rumors)Apple-1 (Mac Rumors)

Apple-1 terjual sebesar Rp1,7 miliar.

Harianjogja.com, SOLO โ€“ Komputer keluaran pertama Apple, Apple-1 terjual dengan harga fantastis, Rp 1,7 miliar di acara lelang yang digelar di Cologne, Jerman, Sabtu (20/5/2017). Apple-1 diketahui merupakan komputer yang dirancang oleh pendiri perusahaan, Steve Jobs.

Pemilik asli komputer tersebut ialah seorang teknisi software asal Kalifornia, Amerika Serikat (AS), bernama John Dryden. Menurutnya, dengan mendapatkan Apple-1, seseorang telah memiliki komputer yang sesungguhnya.

“[Apple-1] adalah salah satu komputer pertama bagi seseorang yang ingin memiliki perangkat komputer yang sebenar-benarnya. Saya telah bekerja dengan beberapa komputer, namun mereka sangat besar,” kata Dryden, dikutip Okezone dari Mac Rumors, Senin (22/5/2017).

Komputer lawas Apple tersebut dijual dengan beragam komponen lain seperti motherboard, perekam kaset, buku panduan, bahkan catatan percakapan antara Dryden dengan Seteve Wozniak pada 1977.

Apple sendiri tak pernah menawarkan perangkat periferal seperti penyedia daya, keyboard, monitor, dan perekam kaset. Namun, semua perangkat itu telah didapatkan secara terpisah oleh pemiliknya.

Apple-1 merupakan komputer yang didesain oleh dua pendiri Apple, Steve Jobs bersama Steve Wozniak pada 1976. Di tahun yang sama, mereka menjual perangkat tersebut hanya 200 unit.

Editor: | dalam: Komputer |
Menarik Juga ยป