INFORIAL

LEBARAN 2017
Asyik, Jalan Tol Bawen-Salatiga Dibuka Minggu Ini

Pegawai Trans Marga Jateng anggota tim survei kelayakan jalan tol Bawen-Salatiga untuk mudik Lebaran, Kamis (15/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)Pegawai Trans Marga Jateng anggota tim survei kelayakan jalan tol Bawen-Salatiga untuk mudik Lebaran, Kamis (15/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Lebaran 2017, salah satu prasarana bagi pemudik, yakni jalan tol Bawen-Salatiga sudah mulai dioperasikan Minggu (18/6/2017) ini.

Harianjogja.com, SEMARANG – Jalan tol Semarang-Solo ruas III Bawen-Salatiga sudah mulai dioperasikan Minggu (18/6/2017). Tol yang disebut-sebut sebagai jalur terindah di Indonesia karena gerbang tolnya berlatarbelakang Gunung Merbabu itu sudah bisa dilewati para pengguna, khususnya pemudik Lebaran 2017 ini, mulai pukul 00.00 WIB.

Direktur Teknik dan Operasi Trans Marga Jateng, Ali Zainal Abidin, menyebutkan tol Bawen-Salatiga sudah siap digunakan, terutama bagi pengendara kendara roda empat yang melakukan mudik pada Lebaran 2017 ini.

“Pengecekan terakhir kemarin [Kamis, 15 Juni 2017], tol Bawen-Salatiga sudah siap digunakan. Rambu-rambu juga sudah terpasang. Trek jalan yang naik turun juga sudah bisa dilalui pengendara dengan aman,” ujar Ali Zainal saat dihubungi Semarangpos.com, Jumat (16/6/2017).

Jalur tol Bawen-Salatiga memiliki panjang sekitar 17,5 kilometer (km). Di sepanjang jalur ini pengendara mobil akan disajikan pemandangan yang indah perbukitan.

Meski indah, para pengemudi dilarang lengah dan tetap waspada saat berkendara. Hal ini dikarenakan trek di sepanjang jalur tol itu penuh tanjakan dan turunan.

Selain itu, di sepanjang jalur tol Salatiga-Bawen juga tidak dipasang lampu-lampu penerangan. Tapi, sebagai gantinya pihak pengelola memasang spotlight di ruas-ruas jalan sebagai penerangan bagi pengemudi saat malam hari.

“Di jalur tol Salatiga-Bawen kami juga menyiapkan satu rest area, yakni di KM 49, tepatnya di Desa Bawuk, Kabupaten Semarang,” beber Ali Abidin.

Salah satu keindahan spot yang disebut-sebut paling indah di ruas tol Bawen-Salatiga terletak di Gerbang Tol Salatiga. Di gerbang tol itu, pengguna jalan tol akan disajikan pemandangan Gunung Merbabu.

Meski indah, pihak pengelola jalan tol meminta para pengendara tak lantas melakukan selfie atau swafoto di lokasi itu. Hal itu bisa berisiko keselamatan pengguna jalan tol atau menyebabkan kemacetan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Editor: | dalam: Semarang |
Menarik Juga »