Selamat Idul Fitri

LEBARAN 2017
Warga Mulai Belanja Baju Lebaran, Pasar Beringharjo Padat

Pengunjung mulai memadati Pasar Beringharjo Barat, Sabtu (17/6/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)Pengunjung mulai memadati Pasar Beringharjo Barat, Sabtu (17/6/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Delapan hari sebelum Lebaran, beberapa pusat perbelanjaan mulai digeruduk warga

Harianjogja.co, JOGJA-Delapan hari sebelum Lebaran, beberapa pusat perbelanjaan mulai digeruduk warga. Mereka mulai membelanjakan uangnya untuk keperluan Lebaran, khususnya pakaian.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com Sabtu (17/6/2017) kemarin, kondisi di dalam Pasar Beringharjo barat khususnya di blok pakaian dipadati pengunjung sekitar pukul 12.00 WIB.

Mereka memenuhi setiap lorong yang ada di pasar itu. Tidak hanya batik, pengunjung juga memenuhi blok pakaian gamis, baju koko, dan juga pakaian dari bahan jeans.

Citra Dewi selaku pengelola kios pakaian Khansanayla yang ada di blok C 39-40 lantai II mengatakan, masyarakat sudah mulai berdatangan sejak Pasar Beringharjo buka. Tidak hanya dari Jogja, pengunjung yang datang ke kiosnya banyak yang berasal dari luar Jogja.

“Pemudik sudah mulai berdatangan dari kemarin [Jumat]. Ada yang dari Purwokerto dan Kendal,” kata Citra.

Pada hari biasa, konsumen yang melakukan transaksi di kiosnya hanya sekitar 30 orang, tetapi melihat masa lebaran pada tahun-tahun sebelumnya, peningkatan transaksi bisa mencapai dua kali lipat.

Konsumen banyak yang membeli pakaian model gamis dan juga atasan. Untuk gamis, ia membanderol dengan harga mulai Rp110.000, sedangkan atasan dijual mulai Rp50.000. “Mereka [konsumen] kebanyakan belinya lebih dari satu,” katanya.

Citra memprediksi, puncak kedatangan pengunjung ke Pasar Beringharjo akan terjadi pada hari ini, Minggu (18/6/2017), karena bertepatan dengan hari libur.

Salah satu pengunjung, Tiara, 33, dari Bantul mengatakan sengaja menyempatkan diri berbelanja pada Sabtu kemarin untuk menghindari kepadatan di dalam area pasar maupun kepadatan lalu lintas.

“Besok [Minggu] jelas ramai karena libur, pemudik sudah datang, anak-anak sudah libur sekolah, THR juga sudah cair. Dari pada besok nggak bisa masuk [pasar] ya mending sekarang,” tuturnya.

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Menarik Juga »