INFORIAL

MUDIK 2017
Ini Yang Harus Diwaspadai Pemudik di Jalan Tol Batang-Semarang

Jalur jalan tol Pemalang-Batang saat ditinjau Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono, Senin (5/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra)Jalur jalan tol Pemalang-Batang saat ditinjau Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono, Senin (5/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra)

Mudik Lebaran 2017 melalui jalan tol Batang-Semarang perlu dilakukan lebih waspada.

Harianjogja.com, BATANG — Para pemudik berkendaraan roda empat ataupun lebih yang akan melintas jalur jalan tol Batang-Pemalang dan Batang-Semarang diimbau waspada dan hati-hati karena kondisi jalan bebas hambatan itu masih berdebu dan minim pembatas jalan.

Berdasar pantauan Kantor Berita Antara, Selasa (13/6/2017), hampir sepanjang jalur jalan tol fungsional di Kabupaten Batang itu, mulai kawasan Masin, Kecamatan Warungasem, hingga exit jalan tol di Gringsing masih dipenuhi debu yang bertebangan. Kondisi itu dinilai berpotensi membahayakan pemudik berkendaraan.

Kendaraan roda empat ataupun lebih yang melintasi jalur jalan tol tersebut meninggalkan debu pekat berterbangan sehingga hal itu mengurangi jarak pandang. Ruas jalan tol yang dibuka sepanjang sekitar 30 km hingga 40 km itu kini masih dilapisi lean concrete (LC) setebal 10 cm dan di sekitar jalan itu masih berupa tanah liat.

Menurut warga setempat, Tufail, jalur jalan tol fungsional mudik Lebaran 2017 penghubung Batang-Semarang itu dikabarkan sudah bisa digunakan oleh para pemudik berkendaraan roda empat atau lebih pada H-10 Idulfitri 1438 H. “Akan tetapi, bagi para pemudik harus berhati-hati apabila akan memilih menggunakan jalur fungsional tol itu karena jarak pandang kurang dari 10 m karena saat ini jalur fungsional itu masih dipenuhi dengan debu yang bertebangan,” katanya.

Kondisi jalan yang berdebu itu, kata dia, juga dikeluhkan oleh masyarakat yang berada di sekitar tol tersebut karena mereka terkena imbasnya. “Selain mengotori rumah, dampak debu yang beterbangan ini mengakibatkan masyarakat terkena batuk. Pikir-pikir lagi, deh, kalau mau lewat jalur itu,” katanya.

[Baca juga LEBARAN 2017: Ini Dia Lokasi Rest Area di Jateng]

Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono mengimbau pemudik berhati-hati saat akan melintas di jalur jalan tol fungsional Lebaran 2017 Batang-Semarang tersebut karena kondisi jalan diakuinya belum sempurna. “Kondisi di jalur fungsional tol Batang-Semarang masih berdebu sehingga kecepatan arus mudik kendaraan tidak diperbolehkan lebih dari 60 kilometer per jam. Oleh karena itu, kami berharap para pemudik memperhatikan kecepatan kendaraan saat melintas di tol itu,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Editor: | dalam: Semarang |
Menarik Juga »