65 SMP di Solo Dipastikan Ikut PPDB Online 2017

ilustrasi pendaftaran siswa baru (JIBI/Solopos/Dok)ilustrasi pendaftaran siswa baru (JIBI/Solopos/Dok)

Sebanyak 65 SMP di Solo dipastikan mengikuti PPBD online.

Harianjogja.com, SOLO — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Solo 2017 dengan sistem online akan diikuti 65 sekolah menengah pertama (SMP) dan yang sederajat. Jumlah itu terdiri atas 27 SMP negeri dan 38 SMP swasta.

Hal itu disampaikan Kasi Kesiswaan Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Budi Setiono, ketika dihubungi Solopos.com melalui ponselnya, Minggu (18/6/2017). “Hingga Sabtu [17/6/2017], kami mencatat ada 65 SMP yang akan mengikuti PPDB online tahun ini. SMP negeri memang semua wajib ikut, sedangkan SMP swasta tidak wajib. Jadi SMP swasta boleh ikut, boleh tidak,” jelas Budi.

Budi menginformasikan data SMP peserta PPDB online yang sudah masuk ke Panitia PPDB Kota Solo 2017 tersebut akan diunggah ke website PPDB Solo dengan alamat www.ppdb-solo.net, mulai Senin (19/6/2017). Selain melalui website tersebut, akses informasi juga bisa melalui layanan short message service (SMS) ke nomor 081542984198

“Data sekolah-sekolah [SMP] yang ikut PPDB online akan kami upload [unggah] beserta daya tampung masing-masing, setelah dikurangi jumlah siswa gakin [dari keluarga miskin] dan ABK [anak berkebutuhan khusus] bagi yang diterima di sekolah inklusi. Data siswa gakin dan siswa ABK tersebut mulai kami terima Senin. Daftar siswa gakin dan ABK tersebut diumumkan Sabtu,” terang Budi.

Terkait persiapan pelaksanaan PPDB online yang dijadwalkan Selasa-Kamis (20-22/6/2017), Budi mengatakan sudah mengundang panitia PPDB masing-masing sekolah, termasuk kepala sekolahnya, untuk mengikuti sosialisasi tentang teknis pelaksanaan PPDB online tersebut, pekan lalu.

Sedangkan untuk pendaftaran SMP dengan PPDB online, nantinya pendaftar mendaftarkan diri dengan memilih empat SMP, yang terdiri atas dua SMP negeri dan dua SMP swasta. Pendaftaran ditujukan pada sekolah pilihan pertama. Formulasi pilihan bebas.

“Jadi pendaftar mendaftarkan diri serta membawa berkas persyaratannya ke sekolah pilihan pertama,” jelasnya.

Sesuai Pedoman Pelaksanaan PPDB Kota Solo 2017, komponen penentu peringkat adalah jumlah nilai Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) murni ditambah nilai konversi piagam prestasi bagi yang memiliki. Proses penentuan pendaftar yang diterima, pada sekolah yang menjadi pilihan pertama, nilai dari seluruh pendaftar disusun peringkatnya, dan pendaftar yang diterima adalah yang masuk peringkat sesuai kapasitas sekolah bersangkutan.

Pendaftar yang tidak masuk peringkat pendaftar yang diterima pada sekolah pilihan pertama otomatis dialihkan ke sekolah pilihan kedua dan akan digabung dengan pendaftar yang memilih sekolah tersebut sebagai pilihan pertama. Proses ini berjalan atau bergulir secara otomatis melalui sistem pengolah data atau software PPDB online yang dapat dipantau melalui media Teknologi dan Informasi online.

 

Editor: | dalam: Pendidikan |
Menarik Juga ยป