INFORIAL

LIBUR LEBARAN 2017
Gunungkidul Targetkan 250.000 Wisatawan

Ribuan pengunjung terlihat memadati kawasan Pantai Baron saat pelaksanaan tradisi padusan, Minggu (5/6/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)Ribuan pengunjung terlihat memadati kawasan Pantai Baron saat pelaksanaan tradisi padusan, Minggu (5/6/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Libur Lebaran mendatang, Pemkab Gunungkidul menargetkan 250.000 wisatawan

 
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Pariwisata Gunungkidul selama libur lebaran menargetkan pendapatan Rp2 miliar dan dengan jumlah pengunjung mencapai 250.000 orang. Untuk mencapai target tersebut, di beberapa destinasi wisata disediakan atraksi kesenian daerah guna menarik minat pengunjung.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, pihaknya sudah mematok target untuk masa libur lebaran di tahun ini. Berbagai persiapan telah dilakukan guna mencapai target tersebut.

“Untuk lebaran kali ini, kami targetkan ada 250.000 pengunjung dengan nilai Pendapatan Asli Daerah [PAD] sebesar Rp2 miliar,” kata Hary, Minggu (18/6/2017).

Menurut dia, target selama libur lebaran merupakan hal yang realistis. Ia pun optimistis dapat mencapai target tersebut. Untuk itu, berbagai persiapan dilakukan, salah satunya menyediakan akses yang baik bagi para wisatawan. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman saat melakukan kunjungan.

Hary pun tidak menampik, pada saat libur lebaran nanti tingkat  kunjungan akan meningkat secara signifikan sehingga pemkab harus benar-benar melakukan langkah antisipasi sehingga kondisi tetap aman terkendali.

“Tujuannya untuk memberikan rasa aman, jadi kami terus melakukan koordinasi lintas sektoral dengan harapan peningkatan jumlah pengunjung tidak menimbulkan kemacetan sehingga dapat mengurangi kenyamanan wisatawan,” ujar mantan Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata ini.

Dia menambahkan, guna mengurai kemacetan, khususnya di kawasaan pantai, pihaknya menggandeng pihak Dinas Perhubungan dan Polres Gunungkidul dengan jalan melakukan rekayasa arus lalulintas.

Sedang infrastruktur, lanjut Hary, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman telah melakukan pengeprasan bukit di tanjakan simpang tiga Baron, Desa Kemadang, Tanjungsari. Diharapkan dengan kondisi tanjakan yang lebih datar tidak memicu kepadatan arus kendaraan di sekitar lokasi sehingga kondisinya tetap lancar.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha dan Pemasaran, Dinas Pariwisata Gunungkidul Yuni Hartini mengatakan, untuk mencapai target kunjungan wisatawan selama libur lebaran, pihaknya sudah menyiapkan berbagai acara. Salah satunya menyediakan atraksi dan pentasi seni budaya.

Menurut dia, selama libur lebaran mulai Selasa (27/6) hingga Minggu (27) akan digelar atraksi seni budaya di beberapa destinasi wisata secara bergantian. Lokasi wisata yang akan ditampilkan atraksi tersebut di antaranya Sri Getuk, Desa Bleberan, Playen; cave tubing Kalisuci di Desa Pacarejo, Semanu hingga kawasan Pantai Ngobaran, Kanigoro, Saptosari. “Semua sudah dijadwalkan dan mudah-mudahan atraksi ini dapat menarik minat para wisatawan,” kata Yuni.

Editor: | dalam: Gunung Kidul |
Menarik Juga »