BURSA TRANSFER
Bakayoko Merapat ke Chelsea, Eksodus Pemain Monaco Berlanjut?

Tiemoue Bakayoko (kanan) dan Kylian Mbappe-Lottin (kiri) merayakan gol (JIBI/Reuters/Andrew Couldridge)

Bursa transfer diwarnai dengan bintang-bintang AS Monaco yang menjadi incaran banyak klub.

Harianjogja.com, MONACO – Kylian Mbappe, Tiemoue Bakayoko, Bernardo Silva, Benjamin Mendy, Thomas Lemar, dan Fabinho. Itu merupakan nama-nama yang meramaikan rumor transfer musim panas kali ini. Tak bisa ditampik, penampilan enerjik mereka bersama AS Monaco di Liga Champions dan Ligue 1 musim lalu telah mencuri perhatian klub-klub kaya raya di dunia.

Silva mengawali untuk mengucapkan selamat tinggal kepada tim besutan Leonardo Jardim tersebut, Juni 2017 lalu. Silva bergabung dengan Manchester City polesan pelatih Josep “Pep” Guardiola yang musim lalu disingkirkan Monaco secara menyakitkan di perempat final Liga Champions. The Citizens, julukan City, rela merogoh kocek senilai 50 juta poundsterling (Rp865 miliar) untuk menggaet winger kanan berusia 22 tahun tersebut.

Selain Silva, giliran Bakayoko yang berpisah dengan Monaco. Gelandang asal Prancis tersebut disebut-sebut hampir pasti berlabuh ke juara Liga Premier Inggris musim lalu, Chelsea. Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Jumat (14/7/2017), Bakayoko dilaporkan sudah tiba di London untuk menjalani tes medis.

Bakayoko memilih mengikuti jejak Silva ke Liga Premier Inggris. Meski tidak semahal Silva, harga pemain berusia 22 tahun itu cukup fantastis. Media-media Inggris melaporkan transfer Bakayoko ke Chelsea mencapai 39,7 juta poundsterling (Rp687 miliar).

Dua pemain Chelsea, David Luiz dan Willian, bahkan sudah memberikan sambutan khusus kepada calon rekan setim mereka itu. Yakni dengan makan malam bersama di Jinjuu Mayfair, London. Bakayoko akan semakin mempertangguh barisan gelandang Chelsea yang sebelumnya diisi N’Golo Kante.

Hengkangnya Silva dan Bakayoko bisa jadi hanya langkah awal eksodus pemain-pemain Monaco di bursa transfer musim panas ini. Mbappe, Lemar, Mendy, dan Fabinho masih terus digoda klub-klub besar. Mbappe misalnya disebut-sebut sedang menjadi rebutan Paris Saint Germain, Real Madrid, hingga Manchester City.

Lemar menjadi target buruan Arsenal dan Tottenham Hotspur. Sementara Fabinho menjadi buruan Manchester United. Bahkan, full-back Mendy disebut-sebut tinggal sejengkal lagi untuk berkostum The Citizens dengan banderol 50 juta poundsterling (Rp865 miliar).

Monaco sepertinya kesulitan membuat mereka tetap bertahan di Stade Louis II, markas Monaco. Bahkan, Direktur Olahraga Monaco, Antonio Cordon, sampai mengundurkan diri dari jabatannya, Selasa (11/7/2017) lalu. Cordon datang ke Monaco dengan kontrak berdurasi tiga tahun pada musim panas 2016. Namun, dengan sisa kontrak yang masih dua tahun, ia rela mundur dari jabatannya karena tak mampu mengontrol penjualan pemain ke klub lain.

Cordon menyadari membeli dan menjual pemain muda potensial bakal menguntungkan Monaco dari sisi finansial. Tapi di sisi lain, dia tidak diberi kekuasaan cukup Chief Executive Monaco, Vadim Vasilyev, untuk menahan para pemain itu hengkang dari Stade Louis II. Eksodus pemain Monaco itu membuat Cordon tidak merasa nyaman lagi berada di juara Liga 1 tersebut setelah 17 tahun meninggalkan Villarreal untuk pindah ke Prancis.

Editor: | dalam: Prancis |
Menarik Juga »