Mengintip Kerja Asyik Ala Sale Stock

Sale Stock menyediakan meja pingpong untuk para karyawannya yang ingin melepas kejenuhan saat bekerja. (Holy Kartika N.S./JIBI/Harian Jogja)Sale Stock menyediakan meja pingpong untuk para karyawannya yang ingin melepas kejenuhan saat bekerja. (Holy Kartika N.S./JIBI/Harian Jogja)

Sale Stock salah satu e-commerce yang mengendepankan kenyamanan pegawai

Harianjogja.com, JOGJA — Tak seperti perkantoran pada umumnya, Sale Stock menjadi salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki kantor yang asyik dan nyaman bagi para karyawannya. Harian Jogja berkesempatan mengintip salah satu kantor e commerce fashion terbesar di Indonesia itu yang berada di Jogja.

Dari luar kantor Sale Stock yang berada di Jalan Kyai Mojo, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Jetis, Jogja ini tak jauh berbeda dengan perkantoran pada umumnya. Kantor dengan tampilan gedung bercat putih ini merupakan Customer Service Office Sale Stock Indonesia yang berbasis di Kota Pelajar.

“Sebenarnya kantor kami di Jogja ada dua, yakni di Jalan Kyai Mojo dan Jalan Kaliurang,” ujar Muhammad Ghufron Mustaqim, selaku Vice President PT Sale Stock Indonesia, Senin (10/7/2017).

Memasuki bagian dalam kantor, tamu akan disambut lobi yang menyenangkan dengan lantai yang dilapisi karpet, sehingga tamu harus melepas alas kaki untuk masuk ke dalam kantor. Atmosfer ruangan yang terasa begitu modern mulai terasa dari tampilan interior di lobi ini.

Suasana makin terasa homy menyambut tamu maupun karyawan yang datang. Terdapat sebuah meja pingpong berwarna hijau senada dengan karpet di ruang tersebut. Ruang tamu di kantor ini juga tak seperti kebanyakan kantor lain yang hanya tersedia sofa empuk dan meja kaca. Sebuah ruang minimalis di samping meja pingpong dengan pemandangan halaman depan kantor menjadi tempat yang sangat nyaman untuk sekadar berbincang atau ngopi.

Desain ruang kerja dirancang dengan sistem coworking, di mana tidak terdapat sekat antar karyawan sehingga suasana akrab dapat tercipta di lingkungan kerja Sale Stock. (Holy Kartika N.S./JIBI/Harian Jogja)


Desain ruang kerja dirancang dengan sistem coworking, di mana tidak terdapat sekat antar karyawan sehingga suasana akrab dapat tercipta di lingkungan kerja Sale Stock. (Holy Kartika N.S./JIBI/Harian Jogja)

Sale Stock, perusahaan start up yang berdiri tahun 2014 lalu di Tangerang ini sengaja menghadirkan suasana kantor yang berbeda. Ghufron mengungkapkan sebagai perusahaan e commerce yang bergerak di bidang fashion, Sale Stock mencoba mengakomodir bakat-bakat muda untuk berbagi gagasan dalam mengembangkan perusahaan ini.

“Talent-talent yang ingin kami tarik adalah anak muda. Jadi, bagaimana membuat mereka nyaman bekerja, sehingga dapat lebih produktif. Maka dari itu, kami mencoba mendesain kantornya senyaman mungkin untuk mereka,” ujar Ghufron.

Sebanyak kurang lebih 400 karyawan Sale Stock di kantor ini, sebagian besar merupakan karyawan Customer Service yang berinteraksi langsung dengan konsumen secara online. Sebagai penyambung lidah perusahaan, para CS ini mesti menjaga mood dan semangat mereka dalam melayani permintaan maupun keluhan dari para konsumen.

Maka tak heran jika, kantor ini juga didesain dengan sistem coworking yakni sebuah sistem kerja bersama dengan menciptakan lingkungan kerja tanpa sekat. Ghufron mengungkapkan sistem kerja ini tidak menampilkan batasan antara karyawan senior maupun junior. Bahkan, sesama keryawan masih dapat santai mengobrol di sela pekerjaan mereka.

“Untuk dapat menjaga mood mereka, kami juga tidak hanya mendesain ruangan saja. Kami juga melengkapi dengan beberapa fasilitas untuk meningkatkan semangat mereka. Setiap beberapa bulan sekali, kami juga selalu melakukan upgrading untuk fasilitas ini,” jelas Ghufron.

Saat merasa lelah, karyawan Sale Stock dapat bersantai sejenak di sofa maupun kasur yang telah disediakan. Bosan dengan pekerjaan, di lantai dua kantor ini tersedia Playstation untuk melepas penat dengan bermain game. Beberapa sofa malas beragam warna juga tersedia di area ini, serta sebuah ruang yang dapat menjadi mini bioskop.

Lantai dua ini adalah Entertainment Area. Selain itu, ada juga aktifitas lain di kantor yag dapat dilakukan karyawan Sale Stock. Di antaranya pingpong, yoga, futsal dan bermain batminton yang dilakukan bersama.

“Tujuannya mendesain kantor seperti ini agar membuat mood mereka selalu bagus dan lebih bahagia, sehingga ketika mereka bisa melayani para Sista [sebutan konsumen Sale Stock] secara maksimal,” imbuh Ghufron.

Budaya kerja yang diciptakan perusahaan fashion e commerce nasional ini mencoba keluar dari kebanyakan perkantoran pada umumnya. Head of Customer Support PT Sale Stock Indonesia, Firman Khristian menambahkan budaya kerja yang ada di perusahaan ini diharapkan dapat membuat karyawan dapat lebih produktif dengan kenyamanan yang ada. Bahkan setiap bulan program pendampingan juga selalu diberikan untuk para karyawan secara personal sebagai upaya pengembangan.

“Kami berusaha membuat teman-teman yang datang ke kantor menjadi beban. Jadi bisa dikatakan, kerja di Sale Stock ini bebas tapi sangat bertanggungjawab,” imbuh Firman.

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Menarik Juga ┬╗