TIPS PARENTING
Kini, Anak Usia 8 Tahun Merasa Tidak Puas Bentuk Tubuh Mereka

Foto ilustrasi: Berdasarkan hasil penelitian, anak umur 8 tahun mulai merasa tidak puas terhadap bentuk tubuh mereka (modernmom.com)Ilustrasi remaja (modernmom.com)

Berdasarkan hasil penelitian, kini anak usia 8 tahun mulai memikirkan bentuk tubuh mereka.

Harianjogja.com, SOLO — Sadarilah  zaman telah berubah. Anak-anak sekarang cepat dewasa dibandingkan generasi sebelumnya. Anak usia delapan tahun kini tak hanya memikirkan pelajaran di sekolah dan bermain bersama teman-teman tapi juga merasakan ketidakpuasan dengan bentuk tubuh mereka.

Hal inilah yang ditemukan para peneliti yang hasilnya diterbitkan dalam The British Journal of Psychiatry. Penelitian terhadap 6.000 anak-anak hingga berusia 14 tahun itu menemukan pada anak usia delapan tahun sekitar 5 persen anak perempuan dan 3 persen anak laki-laki, sudah merasakan tidak bahagia dengan bentuk tubuh mereka.

Lalu, pada usia 14 tahun, sebanyak 39 persen anak-anak perempuan sudah mulai melakukan diet sejak setahun terakhir. Sementara anak laki-laki yang melakukan diet sekitar 12 persen.

“Kami terkejut mendapati ketidakpuasan terhadap tubuh sudah terjadi pada usia muda dan ini berdampak pada perilaku makan pada usia 14 tahun,” terang dosen senior dan konsultan psikiatris di University College London Institute of Child Health, Nadia Micali, seperti dikutip dari Time, belum lama ini.

Media massa menjadi salah satu faktor anak-anak merasa tertekan akan bentuk tubuhnya sehingga menurunkan berat badan. Lalu, anak yang memiliki ibu dari anoreksia, bulimia, maupun keduanya juga diprediksi meningkatkan rasa ketidakpuasan tubuh pada anak-anak.

Sementara itu bagi anak laki-laki yang memiliki kekecewaan terhadap bentuk tubuh dan berat badan tinggi lebih disebabkan pikiran dan perilakunya.

Namun tetap butuh beberapa riset untuk memahami gangguan makan pada anak-anak karena ini sangat kompleks penyebabnya. Mulai dari interaksi genetik, biologis, psikologis, dan faktor sosial.

Editor: | dalam: Relation |
Menarik Juga »