KULINER SOLO
Surganya Masakan Meksiko Ada di Kota Bengawan

Taco Chicken

Conejo Mexican Fusion menawarkan aneka masakan Mesiko.

Harianjogja.com, SOLO — Tak salah Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menobatkan Solo sebagai kota pusat wisata kuliner nomor wahid di Indonesia. Sebab, berbagai pilihan tempat makan mulai dari pedagang kaki lima (PKL) hingga restoran bintang lima dapat dengan mudah ditemukan di Solo.

Segudang menu masakan mulai dari masakan tiongkok, western, arab, masakan modern, masakan fusion, hingga masakan tradisional tersedia.

Kali ini, solopos.com menjajal kuliner yang belum banyak dikenal di Solo. Sama-sama kuliner khas negara lain, tapi yang ini jarang dijumpai.

Di Conejo Mexican Fusion, Anda bisa menjumpai puluhan masakan Meksiko. Restoran yang beralamat di Jl. Ronggowarsito No. 151, Timuran, Banjarsari, Solo, tersebut memiliki berbagai pilihan menu, mulai dari yang ringan, sedang, hingga berat.

Salah satu makanan ringan khas restoran ini adalah taco chicken. Terdapat dua taco chicken dalam satu porsi. Taco merupakan gulungan tortilla atau roti pipih yang terbuat dari jagung giling dengan berbagai isian. Taco chicken berisi salad, ayam crispy, potongan cabai jalapeno, dan mayones.

Taco Chicken

Taco Chicken

Menu tersebut dilengkapi acar khas Meksiko, pico de gallo, secara terpisah. Pico de gallo terbuat dari nanas, bawang bombay, dan tomat yang diberi perasan lemon. Dari tampilannya saja terlihat betapa menu ini sangat kaya rasa.

Rasa taco chicken didominasi rasa tajam daun bawang, gurih mayones, dan kesegaran salad. Tortilla dan ayam crispy membuat masakan tersebut sedikit crunchy saat digigit. Cabai jalapeno memberi rasa pedas dan memperkaya masakan ini. Menu tersebut dapat ditebus dengan harga Rp21.000/porsi.

Menu lainnya adalah chicken adobo chipotle. Menu ini berupa dada ayam yang dipanggang hingga berwarna kecokelatan dengan saus chipotle atau saus cabai jalapeno kering khas Meksiko. Menu tersebut juga dilengkapi pico de gallo dan side dish berupa sepotong jagung dan kentang goreng. Pengunjung dapat memilih kentang goreng atau kentang tumbuk sebagai side dish.

Saat solopos.com mencicipinya, rasa rempah sangat dominan dan meresap ke dalam daging ayam. Saus chipotle memberikan sensasi pedas yang berbeda dibandingkan saus steak lainnya karena menggunakan cabai jalapeno. Jika dimakan bersama pico de gallo, kekayaan rasanya semakin lengkap karena asinan tersebut memberikan sensasi kesegaran tersendiri. Chicken adobo chipotle dijual Rp30.000/porsi.

Supervisor Conejo Mexican Fusion, Lala Sularmi, mengatakan ketiga menu tersebut merupakan menu andalan dan menu terlaris di restoran tersebut. Selain itu, restoran ini juga memiliki puluhan menu dan minuman lain khas Meksiko seperi burrito, salad, burger, sandwich, nachos, dan mojito.

“Makanan kami halal karena tidak mengandung alkohol dan menggunakan daging sapi atau ayam. Setiap Jumat malam dan Kamis malam ada komunitas salsa yang berlatih di tempat kami sehingga bisa memberikan hiburan bagi pengunjung,” kata dia saat berbincang dengan solopos.com, Kamis (20/7/2017).

Lala menambahkan restoran tersebut memiliki dua lantai dengan satu smoking room di masing-masing lantai. Dekorasi restorannya kental dengan suasana Meksiko. “Restoran kami buka mulai pukul 11.00 WIB sampai 23.00 WIB pada Senin-Sabtu. Sedangkan khusus minggu, restoran kami buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB,” tambah dia. Mau memanjakan lidah? Restoran ini bisa jadi pilihannya.

Editor: | dalam: Kuliner |
Menarik Juga »