LIGA JERMAN
Kekuatan Leipzig Diuji di Laga Pembuka

Para pemain RB Leipzig saat merayakan kemenangan. (REUTERS/Stefanie Loos)

Liga Jerman akan menyajikan duel Schalke vs RB Leipzig.

Harianjogja.com, SCHALKE — Musim lalu adalah cerita dongeng bagi Rasen Ballsport (RB) Leipzig. Tak ada yang menyangka tim promosi yang baru berdiri 2009 itu bisa finis di posisi kedua Bundesliga Jerman. Mereka bahkan sempat menghuni puncak klasemen di pekan-pekan awal kompetisi domestik.

Dengan materi skuat yang relatif sama dengan musim lalu, publik tentu menanti gebrakan selanjutnya dari Die Roten Bullen, julukan Leipzig. Konsistensi mereka menampilkan performa kelas wahid bakal diuji saat melawat ke kandang Schalke di laga perdana Bundesliga Jerman, Minggu (20/8/2017) dini hari WIB.

Meski tak mendatangkan pemain penting menyambut musim baru, Leipzig bisa dibilang “sukses” di bursa transfer kemarin. Mereka mampu mempertahankan pemain pilar seperti Naby Keita dan Emil Forsberg yang banyak digoda klub besar Eropa. Leipzig hanya kehilangan satu pemain penting yakni Davie Selke yang hijrah ke Hertha Berlin.

Sebagai gantinya, klub yang bermarkas di Red Bull Arena itu mendatangkan top skorer Piala Eropa U-19 tahun 2015/2016, Jean-Kevin Augustin. Leipzig juga sukses mendapatkan winger lincah Galatasaray, Bruma.

Pelatih Leipzig, Ralph Hassenhuttl, siap membuktikan bahwa Leipzig bukanlah tim kejutan satu musim. Dia menyebut laga melawan Schalke akan menjadi pembuktian Leipzig pantas bersaing di papan atas. “Inilah waktunya untuk berbicara tentang gajah yang sebenarnya, bukan lagi gajah yang berawal dari tikus,” ujar Hassenhuttl seperti dilansir Kicker, Jumat (18/8/2017).

Leipzig kemungkinan tak akan diperkuat gelandang Diego Demme karena cedera. Forsberg juga diragukan tampil penuh lantaran belum fit. Meski demikian Hassenhuttl telah menyiapkan Dayot Upamecano atau pemain anyar asal Salzburg, Konrad Laimer, untuk mengisi posisi Demme. Adapun peran Forsberg bisa digantikan Yusuf Poulsen atau Marcel Sabitzer.

“Satu atau tiga poin [lawan Schalke] tidak terlalu penting. Yang penting kami bisa memberi permainan terbaik,” lanjut Hassenhuttl.

Namun bukan hal mudah mencuri kemenangan di kandang Schalke, Veltins Arena. Schalke belum pernah kalah ketika menjalani laga perdana di kandang sejak 25 tahun silam. Musim lalu pertemuan kedua tim di Veltins Arena berakhir imbang 1-1.

Editor: | dalam: Jerman |
Menarik Juga »