TIPS PERNIKAHAN HARMONIS
Menjaga Api Cinta dengan Wedding Anniversary

Foto ilustrasi: Makan malam romantis merupakan salah satu cara merayakan wedding anniversary. (romanceaways.com)Makan malam romantis. (romanceaways.com)

Tips keluarga kali ini membahas cara merayakan hari pernikahan.

Harianjogja.com, SOLO — Setiap pasangan suami istri memiliki cara tersendiri untuk merawat hubungan agar tetap harmonis dan mesra, salah satunya adalah dengan memperingati Hari Pernikahan setiap tahun alias wedding anniversary.

Biasanya mereka rayakan dengan makan malam berdua secara romantis atau liburan berdua saja, tanpa anak.  Psikolog dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Tuti Harjayani, mengatakan sebaiknya setiap keluarga memiliki satu hari istimewa yang bersifat intern.

Peringatan hari pernikahan itu adalah salah satu hari penting dalam keluarga. Hal ini karena event seperti itu bisa menjadi sarana untuk lebih mengakrabkan lagi dengan keluarga maupun pasangan. “Tapi yang perlu diingat, sejauh mana peringatan itu penting dilakukan?” ujar Tuti saat dihubungi Solopos.com, belum lama ini.

Menurut dia, hari peringatan dalam keluarga itu juga harus disesuaikan dengan kondisi terkini dari keluarga, terutama kondisi keuangan. Peringatan itu tak harus dilakukan secara mewah. Bila peringatan hari pernikahan sudah menjadi agenda rutin setiap tahun bagi sebagian keluarga, maka hal itu sah saja dilakukan asal melihat kondisi kekinian.

“Tak harus pergi ke mana. Bisa juga dilakukan di rumah bersama anak atau cucu. Itu sudah menjadi kado yang sangat istimewa,” ungkap Tuti.

Namun yang perlu diperhatikan dan menjadi hal terpenting, sambung dia, yakni setelah peringatan hari pernikahan itu dilakukan. Kadang, kata dia, orang sering mementingkan peringatannya tapi lupa esensinya, sehingga peringatan itu sekadar menjadi seremoni tahunan.

“Yang penting adalah keberlanjutannya, bukan peringatannya. Hal ini yang kadang tidak dipahami oleh setiap pasangan,” terang Tuti.

Editor: | dalam: Relation |
Menarik Juga »