HUT SOLOPOS
Festival Ayo Membaca, Aneka Lomba Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Logo 20 Tahun Solopos (Istimewa)Logo 20 Tahun Solopos (Istimewa)

HUT Solopos dimeriahkan dengan Festival Ayo Membaca.

Harianjogja.com, SOLO — Harian Umum Solopos akan menggelar Festival Ayo Membaca di Solo Grand Mall, 26 Oktober mendatang. Festival Ayo Membaca akan diisi dengan beragam lomba yaitu video blog (vlog), majalah dinding tiga dimensi (mading 3D), cerdas cermat, pentas seni, hingga foto dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Festival Ayo Membaca akan menjadi puncak acara dari rangkaian kegiatan hari ulang tahun (HUT) ke-20 Solopos. ”Selama ini Solopos rutin menggelar kegiatan Ayo Membaca di berbagai sekolah untuk meningkatkan budaya literasi. Kini, Solopos menggelar Festival Ayo Membaca yang bisa menjadi ajang adu kreativitas pelajar,” ujar Ketua Panitia HUT ke-20 Solopos, Rini Yustiningsih kepada Solopos.com, Selasa (12/9/2017).

Solopos menggandeng Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dan Solo Grand Mall dalam menggelar kegiatan itu. Pendaftaran lomba mading 3D dan pentas seni mulai dibuka Rabu (13/9/2017) ini hingga 4 Oktober.

Lomba mading 3D dikhususkan untuk pelajar SMA/SMK/sederajat. Rini menyebutkan peserta lomba mading dibatasi untuk 25 sekolah. Pendaftaran dilakukan secara online melalui solopos.com/festivalayomembaca. ”Seluruh informasi mengenai Festival Ayo Membaca bisa diakses melalui solopos.com/festivalayomembacatermasuk tata cara pendaftaran, dan syarat perlombaan,” papar Rini.

Lomba mading 3D akan mengusung tema Generasi Milenial Cinta Less Cash sebagai bentuk kampanye Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT). Dengan biaya pendaftaran Rp50.000/sekolah, juara I lomba mading 3D akan mendapatkan hadiah Rp3 juta, juara II Rp2 juta, dan juara III Rp1 juta.

Sedangkan lomba pentas seni bisa diikuti pelajar dari semua tingkatan sekolah yang pernah menggelar kegiatan Solopos Ayo Membaca. Lomba dibatasi untuk 15 sekolah tanpa dipungut biaya. Peserta lomba pentas seni akan tampil dalam Festival Ayo Membaca di Solo Grand Mall pada 26 Oktober mendatang. Hadiah yang disediakan adalah juara I Rp500.000, juara II Rp300.000, dan juara III Rp200.000.

”Sekolah yang ikut tampil bisa membawa pendukung karena kami juga menyediakan hadiah spesial bagi pendukung terbaik selama gelaranFestival Ayo Membaca,” ucap Rini.

Dia menyatakan lomba vlog terbuka untuk umum yang pendaftarannya dibuka mulai Senin (18/9/2017) hingga 18 Oktober akan mengampanyekan gerakan cinta rupiah dengan mengusung tema Aku & Rupiah. ”Para vlogger tinggal membuat konten vlog yang memuat unsur rupiah, Bank Indonesia, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan durasi maksimal tiga menit,” jelas Rini.

Total hadiah untuk lomba vlog adalah Rp6,5 juta dengan perincian juara I Rp3 juta, juara II Rp2 juta, dan juara III Rp1 juta, serta juara favorit Rp500.000. Juara favorit dipilih berdasarkan penayangan dan like di Youtube.

Lomba lain yang kian meramaikan Festival Ayo Membaca adalah lomba foto. Rini menyatakan lomba foto bertema ”Ceria Bersama” mulai Senin (18/9/2017) hingga 22 Oktober. Lomba ini diharapkan bisa kian mengakrabkan Solopos dengan masyarakat Soloraya. Masyarakat tinggal datang ke Griya Solopos Jl. Adisucipto No. 190 Solo dan berfoto di photo booth seekspresif dan semeriah mungkin.

”Ada delapan orang pemenang dari lomba foto ini yaitu juara I mendapat Rp1 juta, juara II Rp500.000, juara III Rp300.000, dan masing-masing Rp100.000 untuk lima pemenang lainnya,” papar dia.

Festival Ayo Membaca juga didukung oleh BNI Slamet Riyadi Solo dan Grafika 27 Klaten.

Editor: | dalam: Peristiwa |
Menarik Juga »