WISATA SLEMAN
Candi Masih Jadi Primadona

Pengunjung menikmati keindahan bangunan Candi Prambanan, Klaten, Senin (26/6/2017). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)Pengunjung menikmati keindahan bangunan Candi Prambanan, Klaten, Senin (26/6/2017). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)

Wisata candi masih menjadi primadona utama wisatawan yang datang ke Sleman selama tahun ini

 
Harianjogja.com, SLEMAN-Wisata candi masih menjadi primadona utama wisatawan yang datang ke Sleman selama tahun ini. Meski demikian dikatakan ada pergeseran minat wisatawan ke sejumlah objek wisata alam.

Kepala Dinas Sleman, Sudarningsih mengatakan jumlah kunjungan wisatawan ke Sleman hingga 31 Agustus lalu sudah mencapai 5,3 juta orang. Jumlah tersebut terdiri dari 95,09% wisatawan lokal dan sisanya wisatawan asing. “Wisata candi masih jadi favorit dengan kunjungan sebanyak 2,2 juta wisatawan,” terangnya, Senin (11/9/2017).

Posisi ini kemudian disusul dengan kunjungan ke wisata alam sebanyak 1,3 juta wisatawan dan 806.026 wisatawan ke museum.

Menurutnya, secara umum tren minat wisata ke Sleman relatif meningkat. Terlebih lagi banyak potensi dan objek wisata baru yang bermunculan dan memicu ketertarikan masyarakat. Secara khusus, ia menyebutkan jika objek wisata Tebing Breksi saat ini menjadi idola baru dari pergeseran minat wisatawan tersebut.

Pemerintah daerah sendiri optimis target kunjungan enam juta wisatawan di 2017 akan terpenuhi dengan sejumlah agenda di paruh tahun ini. Pasalnya, hingga akhir bulan lalu pencapaiannya sudah sekitar 88,78%.

Target tersebut diyakini akan terlampaui mengingat banyak kegiatan yang masih akan diselenggarakan di Sleman. Momen libur Natal dan Tahun Baru sendiri biasanya memberi kesempatan membludaknya wisatawan yang memenuhi lokasi objek wisata.

Memanfaatkan popularitas wisata candi, Dinas Pariwisata juga melakukan pengadaan shuttle bus guna menunjang wisata candi ke candi di Sleman. Pengadaan bus penunjang wisata ini sedianya akan menyasar wisatawan asing agar memudahkan kunjungan ke sejumlah objek wisata di Sleman sekaligus.

Setelah proses pengadaan dilakukan, pemerintah daerah juga akan menyiapkan rute yang akan ditempuh. Terbuka kemungkinan jika bus tersebut juga akan melintasi objek wisata lainnya selain sejumlah candi eksotis yang ada di Sleman.

Bupati Sleman Sri Purnomo meminta pengembangan wisata alam di Sleman juga terus dimaksimalkan, mengacu pada trennya yang positif. Pengemasan wisata juga bisa diwujudkan dengan kolaborasi dengan bidang lain agar bisa meraih pasar yang lebih luas.

Salah satu yang dicontohkannya ialah dengan pengemasan wisata dalam wujud olahraga karena mampu menarik wisatawan yang bermiat pada olahraga dan alam. Secara spesifik, ia menguraikan wisata tracking, sepeda gunung, offroad dengan motor maupun mobil menjadi beberapa contoh yang bisa diwujudkan.

Editor: | dalam: Sleman |
Menarik Juga »