Hingga 2022, Mercedes Benz Sudah Siapkan 10 Mobil Listrik

Ilustrasi Mercedes Benz W211. (Australiancarreviews.com)Ilustrasi Mercedes Benz W211. (Australiancarreviews.com)

Meski begitu, kendaraan-kendaraan yang dihadirkan tidak semuanya full electric. 

Harianjogja.com, STUTTGART – Industri automotif disibukkan dengan inovasi mobil dengan tenaga alternatif seperti mobil listrik. Tak mau kalah, Mercedes Benz baru-baru ini mengungkapkan strategi pasar dalam lima tahun ke depan. Salah satunya, perusahaan memiliki rencana untuk menghadirkan setidaknya 10 kendaraan listrik sampai 2022.

Kendaraan-kendaraan yang dihadirkan tidak semuanya full electric, ada juga yang masih mengandalkan mesin konvensional yang dipadukan dengan motor listrik atau hybrid.

Untuk mobil full electric pertama yang akan diluncurkan adalah versi produksi dari Mercedes Benz EQC. Dijadwalkan, mobil jenis sport utility vehicle (SUV) itu akan tiba pada 2019. Perusahaan juga berencana memperkenlkan hatchback konsep EQA yang sudah dilengkapi dengan sepasang motor listrik dengan kemampuan mengeluarkan tenaga sebesar 268 hp dan torsi puncak 500 nm.

Pabrikan asal Jerman itu juga akan menghadirkan mobil berbahan bakar hidrogen atau fuel cell. Meskipun masih belum ditentukan jadwal peluncurannya, tapi Mercedes Benz mengklaim bahwa GLC F-Cell akan mulai diproduksi. Model yang pernah ditunjukkan di Frankfurt Motor Show ini memiliki motor listrik yang menghasilkan tenaga 197 hp dan torsi puncak 350 nm dan didukung oleh bahan bakar hidrogen serta baterai lithium ion 9,3 kWh. Daya jangkaunya sekira 437 kilometer dan bila hanya mengandalkan baterai saja bisa melaju sejauh 49 km.

Mercedes juga merancang model plug-in hybrid yaitu S 560 e, yang menggunakan mesin V6 twin-turbo 3 liter bertenaga 366 hp yang dihubungkan ke motor listrik dengan daya 121 hp. Mobil Formula One versi jalanan ini dapat berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam lima detik, dan mampu mencapai angka konsumsi bahan bakar 2,1 liter per 100 km.

Terlepas dari pemasangan teknologi baru, Mercedes Benz belum melupakan mesin berbahan bakar fosilnya. Perusahaan masih akan mendatangkan mobil bermesin bensin dan diesel terbaru seperti S-Class facelift versi enam silinder M264 dengan tenaga 134 hp, yang sudah dilengkapi dengan turbocharger twin-scroll dan sebuah sistem hybridringan 48 volt.

Editor: | dalam: Roda 4 |
Menarik Juga »