K-POP
BTS Alami Pelecehan Rasial di Kolombia

BTS (Koreaboo)BTS (Koreaboo)

Boy grup BTS mengalami pelecehan rasial di Kolombia.

Harianjogja.com, SOLO – Di tengah popularitas mereka yang semakin meningkat, Bangtan Sonyeondan (BTS) diterpa kasus rasial. Mereka dilecehkan oleh presenter acara televisi setempat.

Diberitakan Okezone dari Koreaboo, Selasa (14/11/2017), BTS mengalami hal tak menyenangkan saat presenter acara televisi Kolombia bertajuk Dia a Dia memperkenalkan lagu DNA. Presenter itu terlihat menyipitkan mata dengan bantuan kedua tangannya.

Kejadian ini terjadi hanya selang beberapa hari setelah pemain bola Kolombia, Edwin Cardona, membuat gestur serupa terhadap tim sepak bola nasional Korea Selatan. Hal itu, membuat fan BTS marah. Baca juga: BTS Punya Jumlah Follower Terbanyak di Korsel

“Banyak orang mendukung BTS di kancah internasional. Tapi saya tidak yakin kita bisa menyelesaikan masalah rasial seperti ini. Apa yang terjadi adalah gambaran bagaimana acara televisi di Kolombia. Tentang bagaimana orang Kaukasian berperilaku rasis terhadap BTS. Saya berharap orang-orang bisa melihat seseorang dari karya mereka, bukan warna kulit mereka,” kicau salah satu netizen di Twitter.

Fan BTS di Kolombia meminta maaf atas kejadian tersebut. Mereka menilai, program itu kurang pemahaman tentang kebudayaan Asia. BTS Kolombia menuturkan, “Di negara kami, membicarakan kebudayaan Asia sangatlah tidak umum dan sayangnya cara mereka untuk mengenal adalah dengan cara menyinggung.” Baca juga: BTS Jadi Bintang Tamu di Talkshow AS

Ini bukanlah kasus pertama grup idol Korea menghadapi isu rasial di televisi Amerika Selatan. Pada awal 2017, KARD muncul di Turma Do Vovo Raul Brasil. Pada acara itu, pembawa acara juga melakukan gerakan serupa seperti yang terjadi di Kolombia.

Editor: | dalam: Issue |
Menarik Juga »