Komplet! Inilah 32 Negara yang Tampil di Piala Dunia 2018

Bola yang digunakan di Piala Dunia 2018. (JIBI/REUTERS/Maxim Shemetov)

Piala Dunia 2018 diikuti oleh 32 tim.

Harianjogja.com, SOLO โ€“ Lengkap sudah kontestan di Piala Dunia 2018 setelah dilakukan penjaringan melalui babak kualifikasi hingga play-off. Peru menjadi negara terakhir yang memastikan diri lolos ke putaran final di Rusia mendatang melalui play-off.

Peru sendiri menjadi wakil kelima CONMEBOL. Sebelumnya, sudah ada Brasil, Uruguay, Argentina, dan Kolombia yang lebih dulu memastikan tampil di Piala Dunia 2018.

Sementara itu dari zona Eropa, sebanyak 14 negara bakal tampil. Mereka adalah tuan rumah Rusia, Belgia, Prancis, Inggris, Spanyol, Islandia, Portugal, Jerman Polandia, Swiss, Kroasia, Denmark, Serbia, dan Swedia. Pemenang dua edisi terakhir merupakan wakil Eropa yakni Jerman dan Spanyol.

Kemudian ada Iran, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi dan Australia yang mewakili Benua Asia. Serta Benua Afrika yang diwakili Senegal, Maroko, Tunisia, Mesir, dan Nigeria. Sedangkan wakil CONCACAF akan mengandalkan Meksiko, Kosta Rika, serta Panama.

Tim-tim tersebut kini tinggal menunggu pengundian fase grup yang akan dilakukan di Istana Kremlin, Rusia, 1 Desember 2017 mendatang. Untuk proses pengundian tersebut, ke-32 negara kontestan bakal dialokasikan ke dalam empat pot yang terbagi berdasarkan Peringkat Dunia FIFA per Oktober 2017.

Dikutip dari Fifa.com, Kamis (11/6/2017), tim-tim dari konfederasi yang sama tidak akan terundi ke dalam satu grup yang sama, kecuali wakil Eropa. Dari Benua Biru maksimal ada dua wakil dalam satu grup.

Berikut pembagian pot pengundian Piala Dunia 2018:

Pot 1: Rusia, Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, Prancis,

Pot 2: Spanyol, Peru, Swiss, Inggris, Kolombia, Meksiko, Uruguay, Kroasia,

Pot 3: Denmark, Islandia, Kosta Rika, Swedia, Tunisia, Mesir, Senegal, Iran

Pot 4: Serbia, Nigeria, Australia, Jepang, Maroko, panama, Korea Selatan, Arab Saudi

Editor: | dalam: Internasional |
Menarik Juga ยป