PIALA DUNIA 2018
Menanti Ledakan Tim Dinamit di Rusia

Denmark (JIBI/REUTERS/Clodagh Kilcoyne)

Piala Dunia 2018 akan diikuti Denmark.

Harianjogja.com, DUBLIN — Hanya tiga tim Eropa di Piala Dunia 2018 yang belum pernah merasakan semifinal turnamen paling akbar di dunia itu. Salah satunya adalah Denmark.

Pencapaian terbaik tim berjuluk Dinamit tersebut hanya sampai perempatfinal, yakni pada Piala Dunia 1998. Denmark pun berharap bisa memperbaiki pencapaian mereka setelah dipastikan lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Bintang Denmark, Christian Eriksen, menjadi pahlawan timnya dengan mendulang hattrick ke gawang Republik Irlandia pada leg kedua play-off di Aviva Stadium, Denmark, Rabu (15/11/2017) dini hari WIB. Swedia menang dengan agregat 5-1 setelah pada leg pertama play-off hanya bermain imbang 0-0 atas Irlandia di kandang. Mereka pun dipastikan bisa kembali tampil di Piala Dunia setelah absen pada 2014 di Brasil lalu.

Aksi heroik Eriksen tak hanya terjadi di play-off. Gelandang Tottenham Hotspur itu juga berkontribusi besar saat putaran grup kualifikasi hingga memastikan Denmark finis runner-up di bawah Polandia.

Dalam data Opta, Eriksen tercatat sebagai gelandang tersubur dalam kualifikasi dan play-off Piala Dunia 2018 Zona Eropa dengan 10 gol. Eriksen berharap bisa mencetak lebih banyak gol lagi pada putaran final di Rusia nanti.

“Luar biasa rasanya bisa mengantar negara Anda lolos ke Piala Dunia dengan mencetak tiga gol di play-off. Kami akan mempertahankan ini [kemenangan besar] dan berusaha mencetak gol sebanyak-banyaknya di Piala Dunia nanti,” jelas Eriksen yang mengoleksi total 21 gol dalam 75 penampilan bersama Denmark, dilansir Reuters.

Pada duel di Dublin, Denmark tidak panik meski sempat tertinggal gol sundulan pemain Irlandia, Shane Duffy, pada menit keenam. Terbukti, tim besutan Age Hareide tersebut mampu membalas dengan lima gol sekaligus.

Editor: | dalam: Internasional |
Menarik Juga »