Inilah 4 Kandidat Pengganti Ventura di Timnas Italia

Gian Piero Ventura (Twitter)

Timnas Italia resmi memecat Gian Piero Ventura.

Harianjogja.com, MILAN — Nama-nama top mulai muncul untuk mengisi kursi pelatih Timnas Italia seusai pemecatan Gian Piero Ventura. Carlo Ancelotti, Antonio Conte, Massimiliano Allegri hingga Roberto Mancini diyakini menjadi yang terdepan untuk menakhodai Azzurri sepeninggal Ventura.

Federas Sepak Bola Italia (FIGC) resmi mendepak Ventura lantaran gagal membawa tim melaju ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah kalah dari Swedia di laga play-off. Tak ingin lama-lama meratapi nasib, petinggi FIGC langsung menggelar rapat di Roma pada Rabu (15/11/2017) sore waktu setempat, yang memastikan Ventura tak lagi melatih Azzurri.

Sebelumnya, Ventura tampak enggan mundur meski baru saja menorehkan sejarah buruk bagi Italia. Rapat itu juga diyakini membicarakan pelatih anyar bagi Ciro Immobile dkk. Presiden FIGC, Carlo Tavecchio, mengatakan sudah memikirkan sejumlah nama penting untuk mengisi kursi allenatore Azzurri.

Namun pihaknya belum akan bicara hingga semua proses negosiasi kontrak rampung. Sejumlah media di Negeri Piza meyakini eks Pelatih Bayern Munich dan AC Milan, Carlo Ancelotti, menjadi kandidat terkuat pelatih Italia. Terlebih hingga kini Ancelotti masih nganggur setelah dipecat Munich.

“Senin [20/11/2017] kami akan pertemuan, Dewan nantinya yang akan memutuskan [pelatih baru],” ujar Tavecchio seperti dilansir Goal, Kamis (16/11/2017).

Sejumlah legenda dan pelatih Italia seperti Gianluca Vialli dan Renzo Ulivieri mendukung penunjukan Ancelotti sebagai manajer baru Azzurri. Vialli menilai Ancelotti bakal mengikuti kesuksesan Vicente del Bosque di Timnas Spanyol. Hal itu tak terlepas dari pengalaman internasional Ancelotti yang telah menangani sejumlah tim lintas negara.

“Dia memenangi gelar di manapun dan dia berada. Dia juga mendapat respek semua orang. Saya akan memanggilnya Del Bosque dari Italia,” ujarnya seperti dilansir Football Italia.

Ketua Asosiasi Pelatih Italia yang juga eks Pelatih Bologna, Renzo Ulivieri, menyebut Ancelotti bisa menjadi solusi paling sederhana dan disukai semua orang. Di sisi lain, eks striker Azzurri, Fabrizio Ravanelli, mendesak FIGC kembali mempekerjakan Conte sebagai pelatih Italia.

Editor: | dalam: Internasional |
Menarik Juga »