Grigor Dimitrov Juara ATP Finals 2017

Grigor Dimitrov menjuarai ATP Finals 2017 (JIBI/Reuters/Tony O'Brien)

ATP Finals 2017 dimenangkan Grigor Dimitrov.

Harianjogja.com, LONDON — Grigor Dimitrov benar-benar baru saja melewatkan pekan yang menyenangkan. Bukan hanya bisa tampil di ATP Finals untuk kali pertama dalam kariernya, ia sukses menjuarai turnamen yang mempertemukan delapan petenis paling elite di dunia tersebut.

Dimitrov memastikan gelar ATP Finals setelah menundukkan petenis Belgia, David Goffin, pada babak final di O2 Arena, London, Senin (20/11/2017) dini hari WIB. Petenis yang dijuluki Baby Fed, lantaran cara bermainnya mirip Roger Federer, itu membungkam Goffin dengan rubber set 7-5, 4-6, 6-3.

Dimitrov tercatat sebagai debutan yang mampu menjuarai ATP Finals sejak 1998. Kebahagiaan yang dirasakan Dimitrov semakin berlipat ganda, sebab gelar ATP Finals ini mengerek posisinya ke ranking ketiga dunia di bawah Rafael Nadal dan Federer.

“Ini benar-benar dua pekan yang luar bisa. Kehormatan besar bagi saya bisa bermain di sini [ATP Finals]. Pekan ini menjadi salah satu pekan terbaik dalam hidup saya. Saya kehilangan kata-kata. Timku hebat, keluargaku juga,” jelas petenis Bulgaria tersebut, dilansir Afp.com.

Karier Dimitrov di panggung tenis dunia tak ubahnya roller coaster. Ia pernah menduduki peringkat ke-40 dunia pada pertengahan 2016. Itu merupakan posisi terburuk dalam karier petenis berusia 26 tahun tersebut. Dimitrov sempat mencuri perhatian media lebih karena hubungan asmaranya dengan Maria Sharapova ketimbang  penampilannya di lapangan.

Namun, Dimitrov akhirnya bangkit dan menikmati penampilannya pada  musim 2017 ini. Dia meraih empat gelar sepanjang tahun ini, termasuk trofi pertamanya di turnamen kategori Masters di Cincinnati.

Mimpi Dimitrov tentu tak hanya meraih trofi ATP Finals. Kekasih penyanyi ternama Nicole Scherzinger itu berhasrat mengakhiri penantian panjang meraih gelar grand slam pertama dalam kariernya.

Seperti diketahui, pencapaian terbaik Dimitrov di grand slam hanya mentok sampai semifinal. Dia dua kali menggapai semifinal grand slam yakni di Wimbledon 2014 dan Australian Open awal tahun ini.

“Tentu salah satu target utamaku menjuarai turnamen, Anda tahu sendiri, turnamen grand slam. Selalu sama, itu yang saya impikan,” jelas Dimitrov dikutip timesofindia.com.

ATP Finals tahun ini tidak diikuti dua petenis papan atas dunia, Andy Murray dan Novak Djokovic, karena cedera. Sedangkan petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal, mundur karena cederanya kambuh saat fase grup yang memakai sistem round-robin.

Sementara Federer secara mengejutkan takluk dari Goffin di semifinal. Namun, Dimitrov tidak membiarkan Goffin mengulang kejutan di babak final.

Editor: | dalam: Raket |
Menarik Juga »