LIGA CHAMPIONS
Sejumlah Tim Top Ketir-Ketir di Matchday Terakhir

Atletico Madrid vs Roma (JIBI/REUTERS/Juan Medina)

Liga Champions diwarnai dengan sejumlah tim besar yang harus memastikan kelolosan di laga terakhir.

Harianjogja.com, BASEL — Beberapa tim besar  gagal memanfaatkan peluang emas mengunci tiket ke babak 16 besar Liga Champions lebih cepat pada matchday kelima, Kamis (23/11/2017) dini hari WIB. Itu menyebabkan nasib mereka harus ditentukan pada pertandingan terakhir grup.

Manchester United dan AS Roma yang hanya membutuhkan hasil imbang untuk menyegel tiket ke fase knock-out malah keok dari lawan masing-masing.  Setan Merah, julukan United, secara mengejutkan takluk 0-1 dari Basel di St. Jakob Park, Basel, Swiss, Kamis.

United sebenarnya mendominasi penuh permainan, terutama di babak pertama. Paul Pogba dkk. kurang beruntung karena dua peluang mereka hanya membentur tiang gawang Basel. Kesialan pun terjadi setelah pemain Basel, Michael Lang, mencetak gol pada menit ke-89.

Hasil ini memaksa tim Inggris tersebut harus bersabar merebut tiket ke babak 16 besar pada laga penutup Grup A melawan CSKA Moskow di Old Trafford, Rabu (6/12/2017) WIB. United mengantongi 12 poin dalam lima laga unggul tiga poin atas CSKA dan Basel yang menempati peringkat kedua dan ketiga dengan 9 poin.

Bukan mustahil jika ketiga tim itu akan finis dengan nilai sama, masing-masing 12 poin. Itu bisa terjadi jika United kalah dari CSKA dan Basel menang atas Benfica pada pertandingan penutup Grup A.

Roma juga gagal memastikan langkah ke babak 16 besar lebih cepat karena kalah 0-2 di markas Atletico Madrid. Ironisnya, tim yang ditaklukkan Roma 3-0 di Olimpico, Chelsea, pada matchday keempat Grup C lalu, justru lebih dahulu melenggang ke fase knock-out.

Chelsea memastikan itu setelah menggebuk Qarabag 4-0. Tapi setidaknya, Roma masih bisa menentukan nasibnya sendiri untuk lolos saat menghadapi Qarabag pada macthday terakhir di Olimpico, Rabu (6/12/2017) WIB mendatang.

Sementara Atletico tidak bisa menentukan nasib lewat tangan sendiri untuk lolos ke babak 16 besar. Selain harus menang di markas Chelsea, Antoine Griezmann dkk. bergantung kepada hasil Qarabag lawan Roma.

Jika Qarabag menang, Atletico lolos ke fase knock-out untuk kali kelima secara beruntun. “Kami berharap gol bisa menyingkirkan mereka,” ujar entrenador Atletico, Diego Simeone, seperti dilansir Football-italia.net.

Sementara situasi sulit dialami Juventus setelah bermain imbang tanpa gol saat menjamu Barcelona di Allianz Stadium. Hasil itu memastikan Barcelona menyegel tiket ke babak 16 besar sebagai juara Grup D.

Sementara Juve harus menang pada pertandingan penutup melawan di Olympiakos agar lolos. Kalah di Olympiakos sebenarnya masih bisa membuat Juve lolos, asalkan Barcelona mengalahkan Sporting.

“Kami tampil bagus malam ini. Kami tahu ini tidak mudah bisa mendapat satu poin [dari Barcelona]. Positifnya kami bisa clean sheet. Itu poin bagus agar kami lolos dari fase grup,” ujar bek gaek Juventus, Andrea Barzagli.

Editor: | dalam: Liga Champions |
Menarik Juga »