Wakil-Wakil Italia Berjaya di Liga Europa

Atalanta (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Liga Europa diwarnai dengan penampilan apik tim-tim Italia.

Harianjogja.com, MILAN — Tim-tim Italia berjaya di Liga Europa. AC Milan menyusul Lazio dan Atalanta untuk memastikan lolos ke babak 32 besar setelah mencukur Austria Wina 5-1 di San Siro, Milan, Jumat (24/11/2017) dini hari WIB.

Duo bomber Milan, Andre Silva dan Patrick Cutrone, tampil gemilang dengan mencetak brace ke gawang Wiena pada matchday kelima Grup D tersebut. Satu gol lain tim berjuluk Rossoneri disokong Ricardo Rodriguez. Lima gol tersebut menjadi balasan Milan setelah tertinggal terlebih dahulu oleh gol pemain Wiena, Christoph Monschein, pada menit ke-21.

Milan seolah mengalami deja vu ketika menjamu Wiena di San Siro. Sebab, sebelumnya mereka juga menang dengan skor 5-1 ketika bertemu Wiena di Austria, September lalu. Milan bukan hanya memastikan lolos ke babak 32 besar kasta kedua di Eropa ini. Tim besutan Vincenzo Montella juga mengunci juara Grup D.

“Lolos sebagai juara grup merupakan target minimum, kami sudah mencapainya, dan sekarang kami akan fokus ke Seri-A,” jelas Montella, seperti dilansir football-italia.net.

Sebelumnya, Lazio dan Atalanta sudah memastikan lolos ke babak 32 besar. Lazio mengunci juara Grup K setelah menahan imbang Vitesse 1-1 di Olimpico, Jumat WIB. Atalanta masih harus bersabar untuk menyegel juara Grup E meski baru saja memaksa tim Inggris, Everton, babak belur dengan skor 5-1 di Goodison Park, Liverpool.

Atalanta benar-benar membuat Everton menderita di hadapan pendukung sendiri. Bryan Cristante dan Andreas Cornelius masing-masing dua kali mengoyak gawang The Toffees, julukan Everton. Sedangkan satu gol Atalanta lainnya disumbangkan Robin Gosens. Adapun Everton hanya bisa membalas dengan satu gol lewat aksi Sandri Ramirez.

Menurut data Opta, Atalanta tercatat sebagai tim Italia pertama yang bisa mencetak lima gol atau lebih di laga tandang melawan tim Inggris pada kompetisi milik UEFA. Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini, bahkan belum percaya timnya bisa mencetak skor setelak itu di markas tim Liga Premier Inggris tersebut.

“Sulit dbayangkan bisa meraih hasil seperti ini! Awalnya tidak bagus, namun kami kembali ke trek dan berusaha mengendalikan permainan. Hasilnya sungguh di luar dugaan, namun yang penting kami lolos, saya tidak tahu apakah di puncak atau runner-up,” jelas Gasperini.

Atalanta memuncaki klasemen sementara Grup E dengan nilai 11 poin dalam lima laga. Nilai tersebut menyamai koleksi poin Lyon yang juga sudah memastikan lolos ke babak 32 besar. Penentuan juara Grup E punpun  akan ditentukan ketika kedua tim ini berduel di matchday terakhir di markas Atalanta, 8 Desember mendatang.

Editor: | dalam: Liga Champions |
Menarik Juga »