Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 6 Desember

Pasukan Jerman memasuki Kota Burcarest, Rumania, 6 Desember 1916. (Wikimedia.org)Pasukan Jerman memasuki Kota Burcarest, Rumania, 6 Desember 1916. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 6 Desember, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Harianjogja.com, SOLO – Terjadi berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 6 Desember. Dihimpun dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com, berikut Semarangpos.com merangkumnya dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 6 Desember.

1240
Pasukan Kekaisaran Mongol yang dipimpin Batu Khan berhasil merebut wilayah Kiev dari Kerajaan Halych-Volynia. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Mongol melakukan pengepungan selama lebih dari sepekan.

1768
Untuk kali pertama, Encyclopædia Britannica diterbitkan. Encyclopædia Britannica merupakan ensiklopedia umum tertua di dunia yang masih terbit hingga kini. Sejumlah pihak menganggap artikel-artikel pada ensiklopedia itu akurat, tepercaya, dan ditulis dengan baik. Sejak 2012 lalu, Encyclopædia Britannica Inc. sebagai penerbit memutuskan untuk menghentikan edisi cetak dan hanya berfokus pada edisi digital.

1917
Finlandia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Kekaisaran Rusia. Sebelumnya, Finlandia dikuasai Rusia sejak 1809 setelah lepas dari cengkeraman Swedia.

1916
Pasukan Blok Poros berhasil menguasai Kota Burcarest di Rumania setelah bertempur melawan pasukan Rumania dan Rusia selama 10 hari. Namun demikian, kekuasaan Blok Poros di Bucharest tak berlangsung lama, hanya sampai November 1918.

USS Jacob Jones. (Wikimedia.org)

USS Jacob Jones. (Wikimedia.org)

1917
Kapal perusak milik Amerika Serikat (AS), USS Jacob Jones, tenggelam di perairan dekat Brest, Prancis setelah ditorpedo pasukan Jerman yang menggunakan kapal selam SM U-53. USS Jacob Jones merupakan kapal perusak milik AS pertama yang berhasil ditenggelamkan pasukan musuh.

1922
Kawasan Irish Free State lepas dari Britania Raya, setahun setelah penandatangan Persetujuan Inggris-Irlandia. Wilayah tersebut lantas berdiri sebagai negara yang kini bernama Republik Irlandia.

1941
Sehari setelah mendeklarasikan perang terhadap Filandia, Inggris menyatakan akan segera memberikan bantuan kepada Uni Soviet dalam Perang Kontinuasi melawan Finlandia. Camp X di Kanada pun dibuka untuk menggelar pelatihan bagi pasukan rahasia Sekutu demi mengalahkan Finlandia dalam Perang Kontinuasi.

Timothy Filiga Cahill kala masih berseragam Everton. (Liverpoolecho.co.uk)

Timothy Filiga Cahill kala masih berseragam Everton. (Liverpoolecho.co.uk)

1979
Timothy Filiga Cahill lahir di Sydney, Australia. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola legenda di salah satu klub besar di Inggris, Everton. Pasalnya, Cahill membela rival sekota Liverpool itu dari 2004 sampai 2012. Sejak 2016 lalu, Cahill bergabung ke salah klub di negara asalnya, Melbourne City.

1991
Pasukan Yugoslavia membombardir Kota Dubrovnik, Kroasia setelah hanya mengepungnya selama tujuh bulan. Akibat upaya tentara Yugoslavia meredam pemberontakan di Kroasia itu, 19 orang tewas dan 60 lainnya luka-luka.

1992
Masjid Babri di Ayodhya, India dihancurkan kelompok ekstrem yang mengatasnamakan diri mereka sebagai aktivis Kar Sevak. Akibat pengancuran masjid yang berdiri sejak abad ke-16 itu, sekitar 2.000 orang kehilangan nyawa mereka. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 5 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 4 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 3 Desember

Editor: | dalam: Internasional |
Menarik Juga »