Rekor! 5 Tim Inggris Melaju ke Babak 16 Besar Liga Champions

Manchester City vs Liverpool (JIBI/REUTERS/Phil Noble)

Liga Champions memasuki babak 16 Besar.

Harianjogja.com, SOLO โ€“ Sebanyak lima tim asal Inggris berhasil memastikan diri lolos ke babak 16 Besar LIga Champions. Hal itu menjadi rekor tersendiri di ajang tertinggi antartim Eropa tersebut.

Liverpool menjadi tim terakhir yang memastikan diri lolos ke babak 16 Besar Liga Champions. The Reds lolos ke fase knock-out setelah menggasak Spartak Moskow dengan skor 7-0 di partai terakhir Grup E, Kamis (7/12/2017) dini hari WIB. Kemenangan itu membuat Liverpool keluar sebagai juara grup.

Sebelumnya, Manchester United juga memastikan satu tempat di babak 16 Besar lewat kemenangan di partai terakhir fase grup. Tim polesan Jose Mourinho itu menang dengan skor tipis 2-1 atas CSKA. MU juga lolos sebagai juara grup.

Sementara itu, tiga tim lainnya sudah memastikan diri lolos ke babak 16 Besar sebelum partai terakhir fase grup. Mereka adalah Manchester City, Chelsea, dan Tottenham Hotspur. Hanya Chelsea yang keluar sebagai runner up karena kalah bersaing dengan AS Roma. Sementara tim-tim Inggris lainnya menjadi juara grup.

Lolosnya lima tim Inggris ke babak 16 Besar Liga Champions ini pun menjadi rekor tersendiri. Dalam sejarah Liga Champions, baru sekarang ada sebuah negara yang memiliki lima wakil di babak 16 besar. Adanya lima wakil dari satu negara di Liga Champions sendiri berkat peraturan yang meloloskan juara Liga Europa ke fase grup Liga Champions.

Musim lalu, MU menjadi juara Liga Europa dan membuat mereka melaju ke Liga Champions meski hanya fini di posisi keenam klasemen. Musim ini pun menjadi momen pertama Inggris memiliki lima wakil di Liga Champions hingga akhirnya mereka lolos semua ke babak 16 Besar.

Selain Inggris, Spanyol juga pernah punya lima wakil di Liga Champions saat Sevilla juara Liga Europa. Namun pada musim 2015/2016 itu, hanya tiga wakil Spanyol yang berhasil lolos ke babak 16 Besar.

Editor: | dalam: Liga Champions |
Menarik Juga ยป