Langka! di China Ada Pelangi Berdurasi Hampir 9 Jam

Pelangi di Gunung Yang Min, Taipei, Tiongkok (Facebook)Pelangi di Gunung Yang Min, Taipei, Tiongkok (Facebook)

Fenomena pelangi dengan durasi hampir 9 jam berpotensi mencetak rekor dunia.

Harianjogja.com, TAIPEI – Fenomena kemunculan pelangi yang diklaim terlama di dunia belum lama ini terjadi di Gunung Yang Min, Taipei, Tiongkok. Profesor dari Chinese Culture University mengabadikan fenomena tersebut dan berniat untuk mendaftarkan ke Guinness World Records.

Dilansir BBC, Senin (4/12/2017), dua profesor dan mahasiswa dari Chinese Culture University mengabadikan fenomena kemunculan pelangi yang bisa jadi berdurasi terlama di dunia. Profesor tersebut adalah Chou Kun-hsuan dan Liu Ching-huang yang sama-sama profesor di bidang Ilmu Atmosfer.

Berdasarkan catatan dua profesor tersebut pelangi muncul Kamis (30/11/2017) pagi mulai pukul 06.57 waktu setempat hingga sore hari pukul 15.55 waktu setempat, atau tepatnya delapan jam 58 menit. “Fenomena ini sungguh menakjubkan, seperti hadiah dari langit, dan pastinya sangat langka,” ucap Chou Kun-hsuan seperti dikutip BBC.

Bersama tim yang terdiri dari mahasiswa, dua profesor tersebut mengabadikan fenomena langka tersebut. Kalau durasi dan bukti-bukti fenomena tersebut sudah diverivikasi pihak Guinness World Records, pelangi tersebut bisa menjadi yang terlama di dunia.

Sebelumnya, pelangi terlama di dunia terjadi di Yorkshire, Inggris, 14 Maret 1994. Pelangi tersebut berlangsung selama enam jam. Berdasarkan keterangan di web Guinness World Records, pelangi biasanya berlangsung tak lebih dari satu jam.

 

Editor: | dalam: Sains |
Menarik Juga »