TIPS KESEHATAN
4 Manfaat Konsumsi Gula Merah di Musim Hujan

Ilustrasi gula merah (Pinterest)Ilustrasi gula merah (Pinterest)

Tips kesehatan kali ini tentang empat manfaat mengonsumci gula merah di musim hujan.

Harianjogja.com, SOLO – Perubahan cuaca memang sering membuat daya tahan tubuh menurun. Itulah sebabnya Anda perlu memperhatikan asupan makanan, khususnya pada musim penghujan. Kebanyakan orang biasanya lebih senang mengonsumsi makanan yang panas dan berkuah. Tapi, tidak semua makanan itu bermanfaat bagi tubuh.

Alih-alih menyehatkan, bisa saja Anda mengalami masalah dengan berat badan karena terlalu banyak makan. Maklum saja, suhu yang dingin membuat perut cepat terasa lapar. Selain itu perubahan cuaca juga sering menimbulkan beragam penyakit. Itulah sebabnya Anda perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu bahan makanan yang berkhasiat menjaga kebugaran tubuh kala musim hujan tiba adalah gula merah. Si manis berwarna cokelat yang terbuat dari nira ini mengandung beragam nutrisi yang mampu menjaga kebugaran tubuh. Mau tahu apa saja manfaat gula yang satu ini? Temukan jawabannya dalam ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Sabtu (9/12/2017), di bawah ini:

Meningkatkan imunitas

Daya tahan tubuh cenderung menurun kala musim hujan tiba. Saat suhu rendah, sel-sel tubuh bekerja keras membuat suhu badan normal. Inilah sebabnya banyak orang mengalami demam dan flu selama musim hujan. Jika ingin terhindar dari musiman ini, Anda bisa mengonsumsi gula merah yang dicampurkan ke dalam susu. Sebab, gula merah mengandung berbagai nutrisi, seperti zinc dan antioksidan yang meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

Melegakan pernapasan

Nutrisi yang terkandung dalam gula merah juga mampu melegakan pernapasan. Biasanya, hawa dingin membuat hidung tersumbat. Jika hal ini terjadi, cobalah mengemut potongan gula merah. Selain melegakan pernapasan, gula merah juga bersifat anti-alergi yang bisa mencegah batuk dan pilek selama musim hujan.

Meredakan nyeri sendi

Hawa dingin bisa menyebabkan nyeri sendi. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit ini harus lebih berhati-hati. Sebab, kondisi Anda mungkin akan bertambah buruk saat musim hujan tiba. Suhu yang rendah dapat menghambat sirkulasi darah. Nah untuk meredakannya cukup mudah. Anda hanya perlu mengemut potongan gula merah sekali dalam sehari. Kandungan antioksidan dalam gula merah mampu memperlancar aliran darah dan mengurangi rasa nyeri pada sendi.

Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi sayuran saat musim hujan memang tidak terlalu nikmat. Biasanya, kebanyakan orang memilih menyantap makanan cepat saji seperti mi instan yang berkuah. Kebiasaan yang salah ini menyebabkan masalah pencernaan, salah satunya sembelit. Guna mengatasinya, minumlah susu yang dicampur gula merah sekali dalam sehari.

 

Editor: | dalam: Kesehatan |
Menarik Juga »