Pelatih Anyar Dortmund Punya Reputasi Buruk

Peter Stoger (JIBI/REUTERS/Thilo Schmuelgen)

Borussia Dortmund resmi mengangkat Peter Stoger sebagai pelatih baru.

Harianjogja.com, DORTMUND — Habis sudah kesabaran Borussia Dortmund pada Peter Bosz. Pelatih asal Belanda itu akhirnya didepak setelah mereka dibekuk tim papan bawah Werder Bremen 1-2 di Signa Iduna Park, Sabtu (9/12/2017) malam WIB. Yang mengejutkan, Dortmund justru menunjuk pelatih dengan reputasi kurang baik yakni Peter Stoger. Pelatih 51 tahun itu akan berada di Dortmund hingga Juni 2018.

Stoger sebenarnya sangat sukses musim lalu dengan meloloskan FC Koln ke Liga Europa setelah finis kelima di Bundesliga Jerman. Di musim perdananya bersama Koln, 2013/2014, dia pun langsung mampu membawa tim promosi ke Bundesliga Jerman.

Namun musim ini nasibnya seperti bertolak belakang. Koln dibawanya menjalani start terburuk sepanjang sejarah Bundesliga Jerman dengan hanya meraih dua poin dalam 13 pertandingan awal. Pelatih asal Austria itu dipecat Koln sepekan lalu sebelum akhirnya dipinang Dortmund.

Meski punya catatan buruk, manajemen Dortmund tak menaruh keraguan pada sosok pelatih barunya itu. Die Borussen, julukan Dortmund, berharap sang pelatih bisa membawa tim seperti waktu pertama kali datang Koln. “Dalam empat tahun, Peter Stoger membangun tim secara hebat di Koln,” ujar Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc, seperti dilansir Kicker, Minggu (10/12/2017).

Sebagian fans Dortmund juga optimistis dengan kehadiran Stoger. Dalam laman yang biasa menjadi ajang diskusi pendukung Dortmund, bvbbuzz.com, Stoger dinilai mampu memberikan soliditas dalam bertahan yang hilang saat dilatih Bosz. Di klub-klub sebelumnya, Stoger biasa memakai formasi tradisional 4-4-2 dengan dua gelandang bertahan.

Meski taktiknya cenderung konvensional, eks Pelatih Austria Wina itu cepat beradaptasi dengan formasi sesuai kebutuhan tim.  Stoger sendiri tak sabar ingin segera menangani Shinji Kagawa dkk. Dia menyebut melatih Dortmund adalah kesempatan emas sepanjang kariernya. “Saya sangat gembira menjadi pelatih tim ini dan berada di stadion [Signal Iduna Park],” ujar Stoger dilansir Mirror.

Editor: | dalam: Jerman |
Menarik Juga »