LIGA JERMAN
Mainz Vs Dortmund: Melepas Label Pesakitan

Borussia Dortmund (JIBI/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Liga Jerman akan menyajikan laga Mainz vs Dortmund.

Harianjogja.com, MAINZ — Peter Stoger mendapat lawan empuk dalam kampanye perdananya bersama Borussia Dortmund yakni menghadapi Mainz 05 di Opel Arena, Rabu (13/12/2017) dini hari WIB. Seperti halnya Dortmund, Mainz menjadi tim pesakitan dengan hanya meraih satu kemenangan di tujuh laga terakhir di Bundesliga Jerman.

Siapa yang memenangi duel tersebut tentu berpotensi menghapus label tim pesakitan yang kadung melekat. Fans Dortmund tentu menginginkan timnya unggul setelah pergantian pelatih dari Peter Bosz menuju Peter Stoger. Eks Pelatih FC Koln itu digadang-gadang mengangkat performa tim yang gagal menang di delapan laga terakhir di Bundesliga Jerman.

“Saya akan berbicara pada para pemain tentang kemungkinan mengubah keadaan dalam jangka pendek. Saya akan coba mendengarkan mereka,” ujar Stoger seperti dilansir Kicker, Senin (11/12/2017).

Namun upaya sang pelatih untuk menggenjot penampilan Nuri Sahin dkk. langsung terkendala di sesi latihan perdana Minggu (10/12/2017) waktu setempat. Lapangan mereka mendadak tak bisa dipakai untuk berlatih karena tertutup salju tebal. Pemain bisa rawan cedera jika dipaksakan berlatih di bawah hujan salju yang cukup tebal.

Stoger pun terpaksa memindahkan lokasi latihan di aula kebugaran klub.  Meski persiapan tim kurang ideal, Stoger tetap membidik kemenangan di kandang lawan. “Tidak ada yang ingin kami kembali menjadi pesakitan di Mainz,” tutur pelatih 51 tahun itu.

Die Borussen selama ini amat superior ketika melawan Mainz dengan rekor 11 kemenangan dari 14 laga terakhir. Dalam periode tersebut, Mainz hanya kebagian satu kemenangan yakni pada September 2014 saat unggul 2-0. Namun dominasi kemenangan Dortmund sempat terhenti di Opel Arena musim lalu saat ditahan imbang 1-1.

Stoger agaknya harus berani lebih menyerang dengan formasi 4-4-2 konvensional yang menjadi andalannya. Dua gelandang tengah yang bisa diisi Nuri Sahin, Raphael Guerreiro atau Mahmoud Dahoud perlu didorong lebih ke depan untuk membantu penyerangan. Di sisi lain, Dortmund perlu mewaspadai striker Yoshinuri Muto yang telah mencetak tiga gol bagi Mainz.

Editor: | dalam: Jerman |
Menarik Juga »