Hidupkan Daya Inspirasi, USD Gelar Pameran Patung

Rektor USD Johanes Eka Priyatma (kanan) dan Rektor ISI Jogja Prof Agus Burhan (kiri) saat membuka tirai patung dalam pembukaan pameran patung di Galeri Gejayan, USD, Sabtu (16/12/2017) malam. (Harian Jogja/Sunartono)Rektor USD Johanes Eka Priyatma (kanan) dan Rektor ISI Jogja Prof Agus Burhan (kiri) saat membuka tirai patung dalam pembukaan pameran patung di Galeri Gejayan, USD, Sabtu (16/12/2017) malam. (Harian Jogja/Sunartono)

Pameran itu digelar sebagai salah satu sarana mendidik mahasiswa

Harianjogja.com, SLEMAN-Universitas Sanata Dharma (USD) Jogja menggelar pameran berbagai jenis patung di kampus tersebut dalam rangkaian Dies Natalis ke-62. Pameran berkolaborasi dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja itu dibuka di Galeri Gejayan, Perpustakaan Kampus USD Mrican, Jalan Affandi Depok, Sleman pada Sabtu (16/12/2017) malam.

Pameran itu digelar sebagai salah satu sarana mendidik mahasiswa. Patung karya 25 perupa kawakan asal DIY itu dipamerkan terhitung sejak Sabtu (16/12/2017) malam hingga 3 Juni 2018 di berbagai sudut kampus USD.

Rektor USD Johanes Eka Priyatma menyatakan, pameran patung itu digelar, berawal dari sebuah keyakinan, kepercayaan dan asumsi, karya seni patung mempunyai posisi penting dalam tugasnya salam mendidik dan menyertai mahasiswa. Asumsi itu dipakai, bahwa patung sejatinya dapat menyentuh hati dan perasaan anak muda dalam bentuk inspirasi. Eka tak sekedar hanya meminta mahasiswanya memandang keindahan patung, namun meminta mereka untuk menyajikan dalam bentuk tulisan.

“Semester depan, kami ajak mahasiswa meresensi membuat catatan, merenungkan dan meminta mereka untuk menulis apa kesan mereka terhadap patung-patung ini, itu akan kami lombakan. Kami memakai medsos dalam proses ini, mahasiswa diminta memberikan catatan refleksinya. Itu adalah bentuk mendidik secara tidak langsung,” ungkapnya dalam pembukaan pameran, Sabtu (16/12/2017) malam.

Ia sangat mendukung kreativitas seni mahasiswa. Di kampus pihaknya menjadikan dinding sebagai kanvas untuk dibuat lukisan. Saat ini baru menyelesaikan 100 lebih kanvas dinding, dengan diselenggarakan kompetisi supaya anak muda sempat melihat merenung dan menuliskannya.

Eka mengaitkan patung dengan lahirnya zaman digital yang sebentar lagi diwarnai kecerdasan sehingga relasi antar manusia akan selalu terprogram, terukur, dan terstruktur sebagaimana mencari alamat di mesin pencarian. Jika tidak hati-hati, relasi jenis itu dapat mengancam rasa kemanusiaan karena peradaban tersebut mempersempit ruang wacana bagi keunikan, harga diri serta belarasa kepada mereka yang berbeda.

“Kami berharap, kehadiran karya seni patung di USD, dapat mengusik, menyentak dan membentuk kesadaran dan imajinasi generasi muda sehingga realitas kesehariannya dapat diperkaya melalui ruang interaksi pembelajaran yang kadang keras, kering dan non-kontekstual,” tegasnya.

Ketua Dies Natalis USD ke-62 FX. Ouda Teda Ena menambahkan, pameran patung ini untuk menghidupkan daya inspirasi dari patung yang ada dan pernah di tempatkan pada konteks tertentu. Pameran itu sifatnya tidak permanen agar daya inspirasi dan karya seni itu tidak mati. “Meskipun di USD tidak mempunyai jurusan seni pertunjukan atau seni rupa, tetapi kegiatan berkesenian civitas akademisnya cukup banyak,” ungkap Wakil Rektor IV USD ini.

Rektor ISI Jogja Profesor Agus Burhan mengapresiasi langkah USD yang menjadikan seni rupa sebagai salah satu inspirasi. Pihaknya siap bekerja sama dengan USD yang terus berkelanjutan, agar karya seni yang dikolaborasikan menghasilkan makna, dimensi yang terus dikembangkan dalam dunia seni. Mengingat, selama ini konsentrasi perguruan tinggi selalu ingin memiliki reputasi tinggi di dunia internasional.

“Hal ini sering menjadi internasional centris, hal itu sering terlupakan bahwa potensi kerjasama di dalam negeri dan wilayah dekat dengan kita sesama penyelenggara perguruan tinggi kurang dikembangkan. Saya menduga belum banyak dilakukan antar kampus dibandingkan kerjasama internasional yang dilakukan,” kata dia saat memberikan sambutan pembukaan pameran patung di USD.

Editor: | dalam: Pendidikan |
Menarik Juga ยป