PILPRES 2019
Tinggalkan Ridwan Kamil, Golkar Tetap Dukung Jokowi

PM Denmark Lars Lokke Rasmussen (kanan) memberi Presiden Joko Widodo cendera mata berupa piringan hitam album Metallica dalam kunjungan kerja di Istana Bogor, Bogor, Selasa (28/11/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Presiden Jokowi menghadiri Munaslub Golkar malam ini. Golkar mengukuhkan dukungan ke Jokowi di Pilpres 2019.

Harianjogja.com, JAKARTA — Rapimnas Golkar mengukuhkan kembali dukungan terhadap Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden di Pilpres 2019. Selain itu, Golkar juga akan mengagendakan pengukuhan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum sebagaimana telah diputuskan dalam rapat pleno sebelumnya.

“Kita akan membuat pernyataan politk, di dalam pernyataan politik itu ada pengukuhan kembali, penegasan mencalonkan Bapak Jokowi kembali sebagai capres 2019,” ujar Nurdin kepada wartawan, Senin (18/12/2017).

Jokowi malam ini hadir dalam acara pembukaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). Presiden hadir bersama dengan Wapres Jusuf Kalla, Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dan mantan Wapres BJ Habibie.

Presiden Jokowi tiba di JCC Senayan pada pukul 19.50 WIB. Presiden Jokowi yang mengenakan batik cokelat didampingi oleh Ketua Umum Golkar terpilih sekaligus Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan.

Meski Jokowi hadir, Nurdin menegaskan kehadiran Jokowi bukanlah sebagai calon presiden, namun sebagai Presiden yang menaungi semua partai politik termasuk Golkar. “Sebagai Presiden tentu beliau sebagai pembina politik, menaungi semua parpol sebagai pilar demokrasi,” ujarnya.

Nurdin juga menyebutkan Jokowi akan memberikan motivasi bagaimana Partai Golkar dalam menyelesaikan masalah internalnya menyongsong kontestasi politik.

Sementara itu, Wasekjen Partai Golkar Sarmuji mengatakan agenda lainnya adalah pengesahan hasil rapat pleno Partai Golkar yang menyetujui Airlangga Hartarto jadi Ketua Umum. “Persetujuan terhadap rapat pleno kemarin yang mengangkat pak Airlangga sebagai ketum atau pejabat ketum,” ujarnya.

Sebelumnya seluruh dari 34 DPD I Golkar telah menyampaikan dukungannya kepada Airlangga Hartarto selain dari organisasi sayap partai.
Rapimnas Golkar merupakan agenda pendahuluan sebelum Munaslub digelar menyusul lengsernya Ketua umum Partai Golkar Setya Novanto yang kini berstatus sebagai tersangka dan ditahan akibat terlibat kasus korupsi e-KTP.

Editor: | dalam: Politik |
Menarik Juga »