LIGA SPANYOL
Jelang El Clasico, Barca Punya Jarak Aman

FC Barcelona (JIBI/REUTERS/Albert Gea)

Liga Spanyol akan menyajikan duel Real Madrid vs Barcelona.

Harianjogja.com, BARCELONA — Bentrok antara Real Madrid menghadapi Barcelona yang bakal berlangsung di Santiago Bernabeu, 23 Desember 2017, kemungkinan akan menjadi salah satu duel paling “tidak imbang” sepanjang sejarah El Clasico dari sisi selisih poin.

Seusai Barcelona meremukkan Deportivo La Coruna dengan skor 4-0 di Camp Nou, Senin (18/12/2017) dini hari WIB, jarak kedua tim mencapai 11 poin. Barcelona kini kukuh di puncak klasemen dengan 42 poin dari 16 pertandingan. Ada pun Madrid masih tertahan di peringkat keempat dengan 31 poin. Namun El Real masih menyisakan satu laga tunda melawan Las Palmas.

Dilansir Marca, Senin, selisih 11 poin merupakan salah satu jarak terjauh kedua tim jelang El Clasico. Jarak terjauh antara Barca dan Madrid terjadi pada musim 2012/2013. Kala itu Blaugrana meninggalkan Madrid dengan selisih 16 poin hingga akhirnya Barca keluar sebagai juara di akhir musim. Pada musim 1990/1991, Barca juga pernah mengungguli perolehan poin Madrid hingga 13 poin sebelum El Clasico berlangsung.

Jalan Lionel Messi dkk. menuju tangga juara tentu kian lempang jika mereka mampu meraih tiga poin di El Clasico edisi ke237. Meski demikian, Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, enggan jemawa. Eks Pelatih Athletic Bilbao ini menyebut persaingan Liga Primera masih jauh dari kata usai. Itu karena Barca hanya terpaut enam poin dari Atletico Madrid di posisi kedua dan delapan poin dari Valencia di posisi ketiga.

“Perjalanan masih panjang, tak ada satu pun tim yang bisa menjadi juara di awal seperti ini,” ujar Valverde dilansir Football Espana, Senin.

Valverde cukup senang karena Barca masih menjadi yang terdepan jelang El Clasico. Namun dia menyebut laga melawan Madrid bukan segalanya dalam perburuan juara. “Selalu menyenangkan bermain melawan tim yang berada di belakang Anda. Tapi laga nanti tidak akan menentukan. Kami masih jauh dari target juara,” kata dia.

Barca harus tampil tanpa Paco Alcacer di El Clasico setelah cedera saat melawan La Coruna. Padahal peran eks juru gedor Valencia itu musim ini cukup baik. Dia sudah menyumbang dua gol dan dua assist bagi Barca. Namun jika melihat kembali moncernya penampilan Luis Suarez, absennya Alcacer bisa dibilang tak terlalu berdampak.

Editor: | dalam: Spanyol |
Menarik Juga »