Prodi Aktuaria di DIY Dibuka 2018

Ilustrasi Aktuaris (IST/KabarKampus.com)Ilustrasi Aktuaris (IST/KabarKampus.com)

Beberapa PTN baru membuka prodi aktuaria tahun depan

Harianjogja.com, SLEMAN-Terkait pendidikan aktuaria, belum banyak perguruan tinggi negeri yang berani merespons dengan membuka program studi. Beberapa PTN baru membuka prodi tersebut tahun depan.

Salah satu universitas di DIY yang akan membuka prodi aktuaria adalah UGM. Wakil Rektor Bidang Pendidikan Pengajaran dan Kemahasiswaan (PPK) UGM Profesor Djagal Wiseso Marseno mengakui, UGM baru berani membuka Prodi Aktuari pada 2018 mendatang karena keterbatasan SDM dan infrastruktur.

“Pemerintah telah menyarankan UGM membuka prodi itu sejak empat tahun silam, tapi baru bisa terlaksana pada 2018 mendatang,” ujar dia, Selasa (19/2/2017).

Baca juga : Kekurangan SDM, PTN Didorong Buka Prodi Aktuaria

Ia menyadari minimnya SDM Aktuaris di Indonesia, bahkan jumlah prodinya baru ada di tiga perguruan tinggi, jauh berbeda dengan Malaysia yang sudah memiliki 60 Prodi Aktuaria. Pembukaan prodi itu telah mendapatkan izin, serta tengah mempersiapkan SDM dan fasilitas prodi.

“Padahal tenaga aktuaris itu sangat dibutuhkan, seperti industri asuransi dan industri keuangan lainnya untuk memprediksi probabilitas keuangan ke depan itu seperti apa. Kebutuhan sangat banyak tetapi tenaganya terbatas,” ungkap dia.

Editor: | dalam: Pendidikan |
Menarik Juga ยป