LIGA SPANYOL
Real Madrid Vs Barcelona: Jarak Bukan Persoalan!

Barcelona vs Real Madrid (REUTERS/Sergio Perez)

Liga Spanyol akan menyajikan laga Real Madrid vs Barcelona.

Harianjogja.com, MADRID — Real Madrid dalam kondisi tertinggal 11 poin dari Barcelona pada klasemen Liga Primera Spanyol ketika kedua tim bertemu dalam el clasico di Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (23/12/2017) pukul 19.00 WIB. Akan tetapi, jarak tersebut digadang-gadang tidak akan mengurangi nilai gengsi dan prestis duel klasik tim raksasa Spanyol tersebut.

Los Merengues, julukan Madrid, mengalami start terburuk dalam sembilan musim terbaru di Liga Primera. Mereka hanya bertengger di posisi keempat dengan terpaut 11 poin dari Barcelona yang menguasai pucuk klasemen sementara Liga Primera. Namun dengan catatan, Madrid masih menyimpan satu laga lebih banyak ketimbang rival bebuyutan mereka itu.

Justru kesenjangan jarak di tabel klasemen itu bakal memotivasi pasukan Zinedine Zidane untuk tampil beringas di hadapan musuh bebuyutan. Sebab kekalahan pada el clasico ini dapat membuat jarak Madrid melebar menjadi 14 poin dari Barcelona. Jika itu terjadi, peluang Cristiano Ronaldo dkk. mempertahankan gelar Liga Primera musim ini bisa semakin menipis.

“Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan duel ini dan ini tentu akan kembali jadi laga hebat. Ini laga terpenting di dunia, lebih besar dibanding lainnya, dan dalam situasi ini kami harus menang untuk perjuangan perebutan gelar Liga Spanyol,” jelas kapten Madrid, Sergio Ramos, seperti dilansir Football-espana.net, Jumat (22/12/2017).

Megabintang Madrid, Cristianon Ronaldo, mengalami cedera sepulang membela timnya menjuarai Piala Dunia Klub 2017 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), pekan lalu. Tapi laporan terbaru dari Marca, Ronaldo sudah kembali berlatih penuh, Jumat pagi waktu setempat.

Zidane sepertinya akan “memaksa” Ronaldo bermain sejak awal. Penyerang berjuluk CR7 itu akan ditandemkan Karim Benzema dalam formasi dua striker dengan didukung Isco. Opsi lainnya, Zidane bisa memainkan trisula BBC, menyusul pulihnya Gareth Bale dari cedera panjang.

Barisan penyerang Los Merengues itu harus bisa menandangi ketajaman Barcelona yang diperkuat Lionel Messi cs. jika tidak ingin takluk  di Bernabeu nanti. Statistik menunjukkan serangan Barcelona lebih tajam dan efektif ketimbang El Real di Liga Spanyol musim ini. Raksasa Catalan hanya membutuhkan 195 tembakan untuk memborong 42 gol dalam 16 pertandingan.

Sementara Madrid melakukan 221 percobaan tembakan yang “hanya” menghasilkan 30 gol dalam 15 laga. Dengan kata lain, Barcelona membutuhkan rata-rata 4,6 tembakan untuk menghasilkan satu gol, sementara Madrid memerlukan rata-rata 7,3 tembakan untuk menciptakan satu gol.

Ronaldo dkk. pun akan mendapat ujian berat untuk menembus gawang Barcelona yang dikawal Marc-Andre ter Stegen. Los Blaugrana, julukan Barcelona, merupakan tim dengan pertahanan paling rapat bersama Atletico Madrid di Liga Spanyol musim ini. Gawang Bacelona baru kemasukan 7 biji gol dakam 16 pertandingan.

Awal musim ini, kedua tim sudah dipanaskan dengan el clasico dalam duel leg Piala Super Spanyol. Tak tanggung-tanggung, Madrid menang dengan agregat 5-1. Los Merengues  berpesta 3-1 di Camp Nou, dan kembali menang 2-0 di Bernabeu.

Editor: | dalam: Spanyol |
Menarik Juga »