Marcus/Kevin Masih Duduki Peringkat 1 Dunia

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjuarai BWF Super Series Finals 2017. (Badmintonindonesia.org)

Marcus/Kevin tetap berada di peringkat pertama dunia.

Harianjogja.com, JAKARTA — Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, makin tak tergoyahkan di peringkat satu dunia kategori ganda putra. Mereka masih menempati posisi teratas pada ranking yang dirilis BWF, pekan ini.

Gelar juara di BWF Superseries Finals 2017 di Dubai beberapa waktu lalu membuat poin Kevin/Marcus jauh meninggalkan pasangan lain. Pasangan berjuluk Minions itu kini mengoleksi 96.987 poin. Mereka unggul jauh hingga 14.263 poin atas pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen di peringkat kedua.

Adapun pasangan yang dikalahkan Minions di Dubai, Liu Cheng/Zhang Nan, harus puas berada di peringkat keempat. Posisi ketiga ditempati pasangan andalan Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen.

Kukuhnya Kevin/Marcus sebagai ganda putra terbaik dunia memang tak mengejutkan merujuk penampilan impresif mereka sepanjang tahun. Kevin/Marcus mengantongi tujuh gelar superseries pada 2017 yakni All England, India Open, Malaysia Open,Japan Open, China Open, Hong Kong Open, dan Superseries Finals Dubai.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, menilai prestasi Kevin/Marcus amat membanggakan. Sebelumnya belum ada ganda putra yang mampu meraih tujuh gelar superseries sekaligus dalam satu tahun. “Saya berharap tahun 2018 mereka masih fokus persiapan menghadapi turnamen-turnamen lain,” ujar legenda bulutangkis Indonesia ini dilansir Badmintonindonesia.org.

Di sisi lain, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu harus terlempar dari posisi 10 besar meski sempat bersinar di Hong Kong Open. Mereka turun ke peringkat 11 karena pasangan Tiongkok, Yu Xiaohan/Huang Yaqiong, yang semula berada di posisi ke-13 naik lima posisi ke peringkat delapan.

Sementara itu,  pemain-pemain Indonesia lain hampir tak mengalami perubahan. Ganda campuran Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir, masih bercokol di ranking ketiga. Praveen Jordan/Debby Susanto juga masih berada di peringkat ketujuh.

Namun, keduanya sudah dipastikan berpisah pada tahun depan. Debby akan berpasangan dengan Ricky Karanda Suwardi, adapun Praveen berduet dengan Melati Daeva Oktavianti.

Editor: | dalam: Raket |
Menarik Juga »