TRANSFER PEMAIN
Liverpool Pecahkan Rekor Rp1,4 Triliun, Bluder Atau Super?

Virgil Van Dijk (Twitter)Virgil Van Dijk (Twitter)

Transfer pemain dipecahkan Liverpool.

Harianjogja.com, LIVERPOOL — Liverpool memecahkan dua rekor sekaligus saat menyepakati transfer Virgil Van Dijk dari Southampton senilai 75 juta poundsterling (Rp1,4 triliun) pada Januari 2018. Selain menjadi pemain termahal The Reds, Van Dijk resmi menjadi bek termahal di dunia, menggeser transfer Kyle Walker ke Manchester City yang “hanya” senilai 50 juta pounds.

Sejumlah pihak pun langsung mempertanyakan kelayakan bek asal Belanda itu menyandang gelar bek termahal sepanjang masa.

Dilansir ESPN, Kamis (28/12/2017), Van Dijk bahkan langsung digelayuti lima keraguan setelah resmi berseragam Liverpool. Keraguan pertama yakni sejauh mana kemampuan sang pemain beradaptasi dengan cara bertahan tim. Kedua, sejumlah pihak menyangsikan Van Dijk mampu kembali ke top performa setelah mengalami cedera engkel Januari lalu.

Saat itu dia harus absen empat bulan dari skuat The Saints. Saat tampil lagi menjadi starter, November, timnya digasak Liverpool dengan skor 0-3.

Sebagai bek termahal di dunia, Van Dijk pun diragukan kemampuannya menginspirasi bek Liverpool lain seperti Dejan Lovren dan Joel Matip. Kedua defender itu memang beberapa kali membuat blunder yang merugikan tim.

Keraguan keempat dan tampaknya yang paling masuk akal adalah besarnya nilai transfer pemain 26 tahun itu. Legenda Timnas Inggris dan Newcastle United, Alan Shearer, menilai The Reds membuat blunder dengan mengeluarkan dana hingga 75 juta pounds untuk seorang Van Dijk.

“Southampton bisa saja mematok harga sesuka mereka karena tahu Liverpool putus asa untuk mencari bek tengah. Dia [Van Dijk[ sama sekali tidak berharga senilai itu,” ujarnya dilansir Football365, Kamis (28/12/2017).

Dapati Kenyataan

Shearer mewanti-wanti Liverpool untuk bersiap mendapati kenyataan serupa saat mencari sosok baru untuk tampil di bawah mistar gawang.

“Jika nanti Liverpool berusaha mencari kiper, yang juga sangat mereka butuhkan, mereka akan mendapati hal serupa,” kata dia.

Di sisi lain, mantan Direktur Liverpool, Damien Comolli, memuji kebijakan The Reds yang memboyong pemain sekualitas Van Dijk. Dia menilai sang pemain adalah bek terbaik di Liga Premier musim lalu sekaligus bek terbaik dunia yang tidak bermain di klub besar. “Harga tidak banyak berarti lagi. Yang jelas dia amat kuat.”

Van Dijk sendiri mengaku tak sabar ingin membela Liverpool. Bek yang dibeli Soton dari Celtic senilai 13 juta pounds itu siap memberikan segalanya bagi tim.

“Saya harus berusaha membantu klub hebat ini untuk mencapai sesuatu yang spesial.”

 

 

Editor: | dalam: Inggris |
Menarik Juga »