Bom Bunuh Diri Guncang Afghanistan, 40 Tewas

Kondisi salah satu tempat di Kabul, Afghanistan, setelah terjadi bom, 28 Desember 2017. (JIBI/Reuters/Omar Sobhani)Kondisi salah satu tempat di Kabul, Afghanistan, setelah terjadi bom, 28 Desember 2017. (JIBI/Reuters/Omar Sobhani)

Sedangkan Oktober lalu, sedikitnya 39 orang tewas saat ISIS menyerang masjid milih minoritas Syiah di wilayah tersebut.

Harianjogja.com, KABUL โ€“ Bom bunuh diri meledak di gedung organisasi budaya dan keagamaan Syiah di wilayah barat Kabul, Afghanistan. Akibat peristiwa ini, sebanyak 40 orang tewas dan 30 lainnya mengalami cedera.

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengungkapkan ledakan bom bunuh diri tersebut diikuti oleh dua ledakan lainnya yang juga terjadi di daerah tersebut. Sampai berita ini diturunkan, belum ada pihak yang mengaku dalang di balik serangan tersebut.

Kejadian itu dengan cepat tersebar di media sosial dan memperlihatkan foto mayat yang diduga korban ledakan. Saat ini pihak berwenang sedang berusaha melakukan evakuasi terhadap para korban.

“Sejauh ini puluhan mayat telah dibawa dari gedung dan korban terluka dibawa ke rumah sakit,” kata kepala pers Afghanistan, seperti dilansir dari laman BBC, Kamis (28/12).

Sumber lain menambahkan, saat kejadian sejumlah siswa dilaporkan sedang menghadiri forum diskusi dengan anggota kelompok media di kantor tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tengah gencar melakukan serangan terhadap penganut Syiah di seluruh negeri. Oktober lalu, sedikitnya 39 orang tewas saat ISIS menyerang masjid milih minoritas Syiah di wilayah tersebut.

Sebanyak 10 orang juga tewas dalam serangan bom bunuh diri di dekat kompleks agen intelijen Afghanistan di Kabul Senin lalu.

Editor: | dalam: Internasional |
Menarik Juga ยป